Menu

Mode Gelap

Kempalpagi · 26 Okt 2021 08:32 WIB ·

Superman LGBT


					Pasangan Jay Nakamura (kiri) dan Superman baru, Jon Kent (kanan). Perbesar

Pasangan Jay Nakamura (kiri) dan Superman baru, Jon Kent (kanan).

KEMPALAN: Superman adalah manusia super dari planet Crypton yang menyamar sebagai manusia biasa dan menjadi jurnalis pada koran ‘’Daily Planet’’. Superman menyamar menjadi Clark Kent yang lugu dan terkesan culun, dan jatuh cinta setengah mati kepada wartawati Lois Lane yang cantik dan cerdas.

Lois Lane melakukan liputan investigasi panjang untuk mengungkap keberadaan Superman. Dalam beberapa kali liputan yang berbahaya, Lois Lane menghadapi bahaya yang mengancam nyawanya, tapi mendadak Superman muncul menjadi penyelamat.

Superman adalah manusia super, otot kawat balung wesi, gagah perkasa. Lois Lane jatuh cinta kepada Superman. Sementara Clark Kent juga jatuh cinta kepada Lane. Kisah cinta segi tiga yang unik dan rumit akhirnya happy ending. Kent menikah dengan Lane, they live happily ever after.

Tapi, image Superman yang macho dan gagah itu sekarang hilang, diganti dengan image Superman milenial generasi baru yang beda dengan Superman generasi pertama. Dalam komik yang akan terbit November, ada tokoh baru bernama Jon yang merupakan anak pasangan Clark Kent dan Louis Lane.

Beda dengan sang bapak yang macho, Si Jon Kent digambarkan sebagai laki-laki gay yang berpacaran dengan sesama lelaki. Jon yang juga menjadi pahlawan super, digambarkan menjalin hubungan romantis sesama jenis dengan temannya, Jay Nakamura.

Kemunculan Superman sebagai pria biseksual, dilaunching pekan ini oleh DC Comics, bertepatan dengan National Coming Out Day, hari kesadaran LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) tahunan yang dimulai di Amerika Serikat.

Dalam serial ‘’Superman: Son of Kal-El’’ digambarkan perjalanan hidup Jon dari kecil kemudian berkembang menjadi Superboy dan tumbuh dewasa menjadi Superman yang mewarisi kesaktian dari sang ayah, Clark Kent.

Dikisahkan, Clark Kent menikahi Lois Lane dan memiliki seorang putra yang dinamai Jonathan. Jon tumbuh sebagai Superboy yang memerangi kebakaran hutan akibat perubahan iklim, menggagalkan insiden penembakan di sekolah, dan mengorganisasikan demonstrasi menentang deportasi pengungsi.

Jon menjalin persahabatan dengan Jay Nakamura, seorang reporter blasteran Amerika-Jepang yang berkacamata dan berambut merah muda. Persahabatan itu berkembang menjadi hubungan romantis dan dua anak muda sejenis itu pun berpacaran.

Adegan pacaran gay ini digambarkan jelas tanpa tedeng aling-aling. Ada beberapa adegan yang menggambarkan Jon dan Jay saling berciuman. Penulis serial komik tersebut, Tom Taylor, mengatakan, evolusi Superman ini sesuai dengan nilai-nilai yang selalu diwakili oleh karakter pahlawan super itu dan mencerminkan pengalaman banyak penggemar komik.

“Simbol Superman selalu mewakili harapan, kebenaran dan keadilan,” kata Taylor dalam sebuah pernyataan. “Hari ini, simbol itu mewakili sesuatu yang lebih. Hari ini, lebih banyak orang dapat melihat diri mereka sendiri sebagai pahlawan super paling kuat dalam komik.”

Ketika ia pertama kali ditawari pekerjaan itu, ia merenungkan seperti apa seharusnya Superman di masa sekarang. Ketika ia menyodorkan gagasan bahwa Superman milenial adalah seorang gay dan biseksual DC Comics langsung menyetujuinya karena sudah mempertimbangkan ide itu sejak lama. “Ada perubahan nyata selama beberapa tahun terakhir, sepuluh tahun lalu, lima tahun lalu, ini akan lebih sulit, tapi saya pikir segalanya telah berubah dengan cara yang sangat disambut baik,” kata Taylor

Ia mengatakan, reaksi terhadap jalan cerita komik buatannya sangat positif. “Kami mendapati orang-orang yang mengatakan bahwa mereka membaca berita ini hari ini dan menangis, orang-orang mengatakan mereka tidak pernah berpikir dalam hidup mereka bahwa mereka akan dapat melihat diri mereka sendiri pada Superman,” tutur Taylor.

Munculnya Superman milenial sebagai laki-laki gay akan disusul dengan munculnya superhero lain dengan kecenderungan seksual serupa. Tanggapan publik yang antusias membuat DC Comics makin bersemangat memasukkan agenda politik ke dalam komik-komiknya.

Sambutan antusias itu terbukti dengan naiknya permintaan terhadap komik itu sampai empat kali lipat. DC Comics sudah mencetak ulang beberapa versi sebelumnya dan optimistis edisi Superman Gay akan meledak di pasaran.

Karena reaksi pasar dianggap positif penerbit pun makin terang-terangan memamerkan dukungannya terhadap LGBT. Pada setiap sampul edisi komik Superman akan dipasang logo dukungan LGBT yang dinamai DC Pride. Logo ini adalah logo khas LGBT dengan paduan warna pelangi rancangan Daniel Quasar.

Bukan hanya tokoh…

Artikel ini telah dibaca 69 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Rumini dan Siskaee

9 Desember 2021 - 08:18 WIB

Omicron dan Nataru

8 Desember 2021 - 09:19 WIB

Percuma Lapor Polisi

7 Desember 2021 - 08:29 WIB

Novia

6 Desember 2021 - 10:04 WIB

Semeru

5 Desember 2021 - 09:19 WIB

Sugali

4 Desember 2021 - 09:17 WIB

Trending di Kempalpagi