Menu

Mode Gelap

kempalanalisis · 13 Okt 2021 13:58 WIB ·

Popularitas Anies Baswedan, Bagai Sisi Mata Uang Tak Serupa


					Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi pertama dalam analisis trend of total mentions Drone Emprit (ilustrasi Kempalan) Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi pertama dalam analisis trend of total mentions Drone Emprit (ilustrasi Kempalan)

KEMPALAN: Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, memang unik. Ya, unik yang sebenarnya. Pak Anies masuk dalam kategori orang paling populer dibicarakan. Itu jika dibandingkan dengan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, dan bahkan terhadap Puan Maharani, Ketua DPR-RI yang sekaligus orang yang digadang-gadang PDIP untuk maju di perhelatan Pilpres 2024.

Membicarakan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Puan Maharani, terutama di media online, itu pastilah tidak membicarakan kerja-kerja terukurnya selama menjadi orang nomor satu di masing-masing provinsinya, dan di parlemen (Puan Maharani). Pembicaraan tentang mereka menjadi bervariasi.

Menarik mencermati paparan Ismail Fahmi, pendiri Drone Emprit, lewat diskusi daring yang diadakan Pemprov DKI, Selasa 12 Oktober. Menurut temuannya, yang dihitung dari total mentions dari berbagai kanal media online dan Twitter dari Januari hingga September 2021, Anies Baswedan memuncaki volume percakapan dibanding Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Puan Maharani.

Oh iya, uniknya di mana?

Paling dibicarakan itu bisa pula disebut paling populer. Tapi kepopuleran seorang Anies itu dibarengi dengan tingginya sentimen negatif terhadapnya. Artinya, Anies dibicarakan dengan tidak baik. Dalam hal ini, Anies pun memuncaki daftar dengan nilai 37 persen, disusul Ridwan Kamil 23 persen dan Ganjar 20 persen. Itulah uniknya.

Membicarakan Anies Baswedan bagai sisi mata uang tak serupa, pembicaraan dengan baik di satu sisi, tapi tidak di sisi lainnya, itu bisa dilihat dari peta Social Network Analysis (SNA) yang dibuat. Hasil SNA tentu tidak saja untuk Anies Baswedan tapi juga untuk ketiganya, yang mengindikasikan bahwa Puan belum banyak dibicarakan oleh pendukung organiknya. Selanjutnya, pembicaraan soal Ridwan Kamil, mayoritas dibicarakan oleh pendukungnya. Sedang pembicaraan tentang Ganjar Pranowo, mayoritas dilakukan oleh pendukungnya. Dan tentu yang muncul adalah sentimen positif buatnya.

Pembicaraan tentang Anies…

Artikel ini telah dibaca 232 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ketika Allah SWT dan Malaikat Bershalawat

19 Oktober 2021 - 20:06 WIB

Tangkap Komedian Songong Si Penghina Habib Rizieq, Jika Tidak Ingin Umat Bertindak Sendiri

18 Oktober 2021 - 13:37 WIB

Muktamar NU Ke-34: Mandiri dan Tidak Bergantung, Sebuah Harapan

16 Oktober 2021 - 10:01 WIB

Lebih Dekat dengan Peran Pelatih Usia Dini

15 Oktober 2021 - 15:29 WIB

Kasih Sayang Allah kepada Manusia

13 Oktober 2021 - 09:53 WIB

Secercah Cahaya Joe Biden dalam Perspektif Nubuat Akhir Zaman

12 Oktober 2021 - 15:00 WIB

Trending di kempalanalisis