Lagu Kebangsaan Tertua Polandia, Diperkirakan Sejak Abad Ke-13

waktu baca 2 menit
Manuskrip Bogurodzica 1407 (kiri) dan 1506 (kanan). (wikipedia)

WARSAWA-KEMPALAN: Tiap negara pastinya memiliki lagu kebangsaannya masing-masing, seperti Indonesia Raya di Republik Indonesia. Sama halnya dengan Polandia yang memiliki lagu kebangsaan yang cukup tua umurnya: Bogurodzica.

Bogurodzica ialah produk budaya pada masa Kerajaan Polandia, dimana musik ini dinyanyikan seperti lagu kebangsaan pada momen-momen tertentu, seperti pada sebelum kemenangan Polandia dan Lithuania atas Ordo Teutonik di Grundwald pada tahun 1410. Meskipun gagal merebut benteng Marienburg, baik Raja Polandia Jogaila dan Adipati Agung Lituania Vytautas berhasil melemahkan Ordo militer itu.

Selain itu, lagu ini juga menjadi nyanyian ketika penobatan para raja dari keturunan Jogaila di Polandia.

Nyanyian tersebut bisa dibilang sulit, karena meskipun termasuk dalam lagu kebangsaan dan nyanyian agama, namun menggunakan bahasa Polandia kuno.

Menurut Maja Trochimczyk dalam artikelnya di Polish Music Center, Bogurodzica kemungkinan besar berasal dari Abad Ketiga Belas dan menjadi salah satu dokumen tertulis pertama di kerajaan Eropa Timur itu. Ia adalah nyanyian untuk kesenangan pribadi di dunia maupun semacam doa untuk keselamatan di akhirat.

Next: Di masa kini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *