Rivalitas Klaim untuk Wakili Afghanistan di Sidang Majelis Umum PBB

waktu baca 2 menit
Mabes PBB. (wikipedia)

NEW YORK-KEMPALAN: Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres menerima surat beberapa hari silam dari “Emirat Islam Afghanistan” yang ditandatangani oleh Amir Khan Muttaqi yang menjadi Menteri Luar Negeri untuk dapat berpartisipasi dalam Sidang Majelis Umum PBB.

Namun nyatanya, Duta Besar Afghanistan ke PBB yang ditunjuk oleh mantan presiden sebelum diturunkan, Ashraf Ghani juga ditunjuk untuk mewakili negaranya untuk dapat berpartisipasi dalam Sidang Majelis Umum PBB. Lalu siapa yang akan mewakili Afghanistan?

Dalam surat yang dikirim oleh Taliban, tidak hanya untuk meminta izin untuk berpartisipasi dalam Sidang Majelis Umum PBB, Taliban juga menunjuk Suhail Shaheen sebagai dubes Afghanistan untuk PBB yang terbaru.

Hal ini menjadi tumpang tindih karena mantan presiden Ashraf Ghani terlebih dahulu mengirimkan konfirmasi kedatangan pihaknya untuk mewakili Afghanistan. Di sisi lain, pihak Taliban yang diwakili oleh Amir Khan Muttaqi mengatakan bahwa utusan presiden Ashraf Ghani tidak lagi dapat mewakili karena sudah dilengserkan sejak 15 Agustus silam.

Dengan adanya hal tersebut, semua keputusan akan diberikan kepada sembilan negara komite yang terdiri dari negara-negara besar seperti AS, Rusia, Tiongkok dan lainnya. Komite tersebut memiliki tugas untuk memberikan rekomendasi kepada Pemimpin Sidang Majelis Umum PBB terkait pihak siapa yang akan mewakili Afghanistan.

Next: Berkaitan dengan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *