Singapura Dapatkan Bayi Panda Raksasa Pertama di River Safari

waktu baca 2 menit
Jia Jia dan bayinya.

SINGAPURA-KEMPALAN: Singapura pada Sabtu (14/8) menyambut anak panda pertamanya di River Safari, anak dari dua panda ternama, yang jantan bernama Kai Kai dan yang betina dijuluki Jia Jia.

Menurut Wildlife Reserves Singapore (WRS), jenis kelamin dari bayi panda seberat 200 gram itu masih belum ditentukan namun akan segera diumumkan.

“Pada Juli, pemindaian ultrasound menunjukkan penebalan pada serviks Jia Jia dan ada beberapa cairan di tanduk rahimnya. Kami terus berdoa untuk Jia Jia, sembari melakukan pengecekan ultrasound untuk mengawasi perkembangannya, ujar Wakil Ketua Petugas Eksekutif WRS Dr. Cheng Wen-Haur.

Dr. Cheng yang juga merupakan Kepala Pejabar Ilmu Pengetahuan mengarakan panda raksasa betina itu menunjukkan kehamilan semu, menunjukkan seluruh pertanda perilaku dan hormonal kehamilan meskipun tidak sedang mengetahuinya.

“Satu-satunya cara untuk memastikan kehamilan adalan visualisasi dari janin pada waktu mendekati kelahiran. Hal ini terjadi ke kami pada 10 Agustus ketika dokter hewan kami mendapatkan ultrasound yang tidak hanya menunjukkan keberadaan sebuah janin, tapi juga dengan detak janting yang kuat,” ujar Cheng.

April tahun ini, WRS mengatakan bahwa Kai Kai dan Jia Jia menunjukkan pertanda ingin kawin dan secara resmi masuk kepada musim kawin. Masa kehamilan untuk pada ialah selama lima bulan.

Dalam mempersiapkan keduanya, WRS bekerja dengan China Conservation and Research Center for Giant Panda (CCRCGP) guna menginisiasi rencana kawinnya untuk tahun 2021 dengan menekankan perkawinan yang alamiah, sementara teknologi reproduksi dipersiapkan hanya untuk bantuan saja.

“Kehamilan pertama Jia Jia dan kelahiran bayi ini adalah penanda penting bagi kami guna menjaga spesies yang terancam (punah) di Singapura. Hal ini adalah hasil dari perawatan hewan yang baik, ilmu reproduksi yang diperbantukan, dan ketahanan dari staf kali ditambah dengan saran yang sangat penting dari ahli Panda China,” tambahnya.

Wakil Ketua WRS itu menambahkan pekerjaan akan berlanjut dengan mendukung ibu baru itu dalam membesarkan bayinya. Merawat Jia Jia dan Kai Kai berkontribusi pada konservasi panda raksasa. (Bernama, reza hikam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *