Bisnis

Untuk Memajukan Produk Lokal ke Pasar Internasional, Kemenko Perekonomian Dorong UMKM Ikuti AOSD

  • Whatsapp
Ilustrasi UMKM.

JAKARTA-KEMPALAN: Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor bisnis yang cukup fundamental bagi masyarakat. UMKM cenderung sebuah bisnis yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha berukuran kecil atau mikro.

Walaupun jika dilihat bahwa UMKM merupakan sektor bisnis yang kecil, namun perlu dipahami bahwa sektor bisnis ini memiliki peranan yang amat penting terhadap perekonomian Indonesia. UMKM menjadi roda penggerak dari tubuh perekonomian Indonesia dari tingkatan paling mikro.

Kementerian Bidang Perekonomian melihat bahwa UMKM harus mampu berkembang, tidak hanya di skala regional saja namun internasional. Oleh karena itu, Kemenko Perekonomian menghimbau agar para pelaku UMKM dapat berpartisipasi dalam agenda AOSD.

ASEAN Online Sale Day (AOSD) ialah kegiatan rutinan yang memiliki tupoksi untuk meningkatkan crossborder e-commerce, memperluas akses pasar, dan mendorong integrasi ekonomi kawasan utamanya bagi UMKM melalui platform e-commerce.

“Hai #SahabatEkon. AOSD atau Hari Belanja Online ASEAN bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terkait pentingnya e-commerce bagi produk UMKM yang terdampak pandemi Covid-19,” dikutip Kempalan dari laman Instagram @perekonomianri pada Selasa, (20/7).

Kegiatan AOSD tahun 2021 ini akan berjalan selama kurang lebih tiga hari, yakni mulai dari tanggal 8 Agustus hingga 10 Agustus 2021. Adapun beberapa kategorisasi bagi sektor usaha yang boleh mengikuti program tahunan skala internasional ini. Seperti, E-Marketplace, Fashion, Home living/Customer Goods, Electronic, Tourism and Travel, Food and Beverages, Services, Crafts, dan lain sebagainya.

Lalu manfaat dari bagaimana sektor UMKM dan bisnis mengikuti acara AOSD 2021 ini cukup substansial. Misalnya, guna Mendorong dan memfasilitasi cross border e-commerce di ASEAN. lalu meningkatkan awareness masyarakat terkait pentingnya e-commerce. Serta sebagai upaya Pemerintah dalam memperluas akses pasar bagi produk UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Informasi yang diperoleh oleh Kempalan, bahwa acara AOSD ini pertama kali dilaksanakan pada tangga 8 Agustus 2020 yang bertepatan dengan hari lahir ASEAN. Lalu, ada sekitar 16 platform digital dari Indonesia yang mengikuti rangkaian AOSD 2020. (Rafi Aufa Mawardi)

Berita Terkait