Euro 2020

Satu Gol Sterling Bawa Inggris Menang 1-0

  • Whatsapp
Starling merayakan golnya ke gawang Republik Ceko

LONDON – KEMPALAN: Inggris sukses mengamankan satu tempat di babak 16 besar usai menekuk Republik Ceko dengan skor tipis 1-0.

Laga matchday ketiga Grup D itu tersaji di Stadion Wembley, Rabu (23/6) dini hari WIB.

Meski tampil dominan dengan mencatatkan 56 persen ball possesion, Inggris hanya membuat total lima attempts, tiga tembakan shot on goal.

Ceko justru tampil lebih agresif, meski hanya memiliki 44 persen ball possession, anak asuk Jaroslav Šilhavý ini mencatatkan enam attempts meski cuma satu yang on goal.

Pada menit awal babak pertama, Inggris langsung menekan. The Three Lions sudah mendapat peluang di menit kedua.

Ancaman bermula dari umpan lambung Luke Shaw dari pertahanan Inggris yang mengarah langsung ke daerah Ceko.

Sterling, yang lolos dari jebakan offside, langsung menyontek bola melewati Tomas Vaclik. Sayang, bola hanya membentur tiang dan gagal jadi gol.

Tak perlu waktu lama, Inggris sudah mampu memecah kebuntuan di menit ke-12. Diawali crossing Bukayo Saka yang berhasil diterima oleh Jack Grealish.

Gol kemudian tercipta saat umpan Grealish ke tiang jauh berhasil disundul Sterling dengan mudahnya ke gawang kosong. Gol, Inggris unggul 1-0.

Setelah gol itu, Inggris masih mendominasi pertandingan dan tak memberi kesempatan pada Ceko mengembangkan permainan. Barulah selepas menit ke-20, Ceko perlahan mulai bisa memainkan bola.

Pada menit ke-26, Kane, yang mendapat umpan terobosan dari Maguire di kotak penalti, berhasil mengecoh satu pemain dan menembak ke gawang. Sayang, bola dapat ditepis tangan kanan Vaclik.

Pada menit ke-28, giliran Ceko balas mengancam. Holes, yang mendapatkan bola liar dari pertahanan Inggris, langsung menembak ke pojok gawang, beruntung Pickford langsung terbang menepisnya.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit 45 menit pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Inggris tetap bertahan.

Pada babak kedua, pertahanan rapat Ceko membuat Inggris kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya. Meski sudah melakukan pergantian pemain, serangan Inggris masih buntu.

Tidak ada satu pun peluang emas diciptakan Inggris maupun Ceko selama babak kedua berjalan. Inggris masih dominan dalam hal penguasaan bola, namun tidak bisa menciptakan peluang bagus.

Inggris sempat mencetak gol kedua lewat Jordan Henderson pada menit ke-86, namun dianulir karena wasit menganggap pemain Liverpool itu sudah terjebak offside.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit panjang berbunyi, skor 1-0 untuk kemenangan Inggris menjadi hasil akhir pertandingan. (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait