Narapidana Thailand Bangkit Melalui E-commerce

waktu baca 2 menit
Artis Thailand Worayot Bunthongnum, atau biasa dikenal dengan nama panggung Power Pat mempromosikan toko Wansook resmi di Lazada. (Alibabanews)

BANGKOK-KEMPALAN: Somsak (nama samaran) adalah narapidana yang dijatuhi hukuman dua tahun penjara karena pencopetan. Dia tidak pernah berpikir dia akan mendapatkan kesempatan kedua untuk mencari nafkah dengan jujur.

Setelah menjalani hukumannya selama satu tahun, seorang penjaga penjara memperkenalkannya pada sebuah inisiatif yang dijalankan oleh Departemen Pemasyarakatan Departemen Kehakiman yang mengajarkan narapidana cara membuat kerajinan tangan untuk dijual. Dinamakan Wansook, yang berarti “hari bahagia” dalam bahasa Thailand, inisiatif ini bertujuan untuk memberi narapidana peluang baru melalui perdagangan digital dan kemitraan dengan platform eCommerce seperti Lazada.

“Meskipun narapidana ini mungkin telah melakukan kesalahan, mereka yang terus memperbaiki diri selama dipenjara layak mendapatkan kesempatan kedua. Kementerian Kehakiman percaya bahwa penting bahwa narapidana memiliki kemampuan untuk menghidupi diri mereka sendiri secara finansial pasca penahanan, karena ini akan memungkinkan mereka untuk berintegrasi kembali ke masyarakat dan menurunkan kemungkinan pelanggaran kembali, ”kata Sitthi Suthiwong, wakil direktur -Jenderal bagian pengembangan Departemen Pemasyarakatan.

Melansir dari Alibabanews, Departemen Pemasyarakatan sebelumnya telah menjalankan inisiatif serupa secara offline, tetapi penjualannya rendah karena terbatasnya akses ke konsumen. Sejak departemen meluncurkan toko Wansook andalannya di Lazada pada akhir tahun lalu, mereka telah melihat peningkatan besar dalam penjualan, dengan produk-produk seperti tas tangan, gantungan kunci dan perabot kayu kecil – semuanya dibuat oleh mereka yang melayani waktu – menjadi sangat populer. Dengan pembeli dari seluruh negeri. Hanya dalam empat bulan pembukaan toko di Lazada, penjualan melonjak 3.000% hingga mencapai THB100.000 per bulan.

Sebagian dari hasil telah digunakan untuk mendanai pengembangan keterampilan kerja bagi para narapidana, dan sisanya disimpan sebagai tabungan untuk membantu mereka membangun kembali kehidupan mereka setelah dibebaskan.

Kampanye ini telah memberikan kehidupan baru bagi narapidana seperti Somsak. “Saya sekarang dapat menantikan kehidupan lagi setelah dipenjara dan melakukan bagian terbaik saya untuk berkontribusi dengan cara yang berarti bagi masyarakat dan membantu orang lain seperti saya,” katanya.

Wansook adalah bagian dari kampanye Stronger Together Lazada Thailand, yang diluncurkan tahun lalu untuk membantu masyarakat lokal mengatasi tantangan ekonomi. Inisiatif ini juga hanya langkah pertama dalam membantu narapidana memanfaatkan eCommerce dan teknologi untuk membangun masa depan yang lebih baik.  (Alibabanews, Abdul Manaf Farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *