Euro 2020

Leon Goretzka Tidak Dicoret dari Skuad Jerman di Euro 2020

  • Whatsapp
Pemain Jerman, Leon Goretzka (Bavarian Football Works)

MUNICH-KEMPALAN: Pelatih Jerman Joachim Loew tidak mengesampingkan gelandang Leon Goretzka dari pertandingan pembuka Euro 2020 melawan juara dunia Prancis pada Selasa (15/6) di Munich.

“Kami sepakat akan berbicara setelah sesi latihan terakhir dan membuat keputusan,” kata Loew dalam konferensi pers, Senin (14/6).

Melansir dari dpa, Loew mengatakan Goretzka mengambil bagian dalam sesi latihan pada hari Minggu dan membuat “kesan yang sangat baik,” tidak menunjukkan efek dari cedera paha baru-baru ini yang membuatnya absen dari pertandingan persahabatan pra-turnamen.

“Menurut departemen medis kami, tidak ada risiko,” kata Loew, tetapi menambahkan: “Dia memiliki jeda yang sangat lama,” yang berarti Goretzka tidak dianggap sebagai kandidat untuk memulai.

Keputusan lain yang belum dibuat adalah peran bek Joshua Kimmich yang akan diambil. Baru-baru ini, ia bermain sebagai bek kanan alih-alih mengambil peran di lini tengah.

“Kita akan lihat di posisi mana dia akan bermain. Dia bisa dibandingkan dengan [mantan pemain internasional Jerman] Philipp Lahm, sama sekali tanpa masalah di posisi berbeda, performa sama, kualitas sama,” kata Loew.

Ditanya tentang siapa yang akan menjadi penjaga gawang kedua jika kapten Manuel Neuer absen, Loew mengatakan ini akan ditentukan pertandingan demi pertandingan tetapi menegaskan Bernd Leno akan menjadi cadangan melawan Prancis.

Menurut aturan UEFA, pelatih dapat mendaftarkan 23 dari 26 pemain yang tersedia untuk turnamen untuk setiap pertandingan. Loew percaya ini adalah “keputusan yang salah,” karena setiap pemain layak setidaknya berada di bangku cadangan.

Setelah tampil mengecewakan di Piala Dunia 2018, ketika Jerman meninggalkan kompetisi di babak penyisihan grup, Loew akan memimpin tim untuk terakhir kalinya. Dia akan pergi setelah Euro, ketika mantan pelatih Bayern Munich Hansi Flick akan mengambil alih.

Loew mengakui “tahun-tahun terakhir tidak mudah, tetapi kami telah mengalami peningkatan, Anda dapat melihatnya dari hari ke hari.

“Kami mempersiapkan diri dengan baik dalam beberapa hari terakhir. Semangat tim sangat bagus, semua orang sangat lapar,” katanya.

Neuer juga optimis dengan dimulainya kompetisi dan mengatakan timnya sangat termotivasi.

“Setiap pemain siap untuk memulai apa yang kami harapkan akan menjadi turnamen yang sukses,” kata penjaga gawang.

Neuer menjadi pilihan utama Loew di Piala Dunia 2018 meski hampir sepanjang musim harus menepi karena cedera. Di Euro, dia merayakan fakta bahwa dia memiliki tahun yang fit.

“Saya di sini dengan perasaan yang baik. Bagi saya pribadi itu jauh lebih baik, saya bisa berkontribusi lebih baik,” katanya.

Melawan Prancis, Neuer yakin timnya tidak perlu bersembunyi karena “kami ingin menang.”

“Bukannya kita melihat diri kita sebagai underdog,” katanya. (dpa, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait