Tenis

Djokovic dan Tsitsipas Akan Saling Berhadapan usai Semifinal yang Luar Biasa di Prancis Terbuka 2021

  • Whatsapp
Djokovic yang mengalahkan Nadal dua kali di Roland Garros (Roland Garros)

PARIS-KEMPALAN: Petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic menambah catatan kekalahan ketiga dari Raja Prancis Terbuka Rafael Nadal pada Jumat (11/6) malam penuh drama untuk mencapai final keenamnya di Roland Garros. Sementara itu Stefano Tsitsipas catatkan Final Prancis Terbuka pertamanya usai kalahkan Alexander Zverev

Djokovic, yang juga mengalahkan Nadal di perempat final tahun 2015, memastikan kemenangan luar biasa 3-6, 6-3, 7-6 (7-4), 6-2 melawan juara 13 kali di lapangan Philippe Chatrier.

Nadal telah memenangkan semua 13 dari semifinal sebelumnya, tetapi dalam pertandingan ke-58 antara rival yang setara dengan hampir semua pertandingan sebelumnya, Djokovic menemukan jawaban atas tantangan terbesar untuk memenangkan semifinal yang luar biasa.

Nadal mendapat tepuk tangan yang panjang saat keluar dari lapangan, meninggalkan Djokovic yang sedang mencoba menyimpulkan apa yang baru saja terjadi.

“Hal pertama yang ingin saya katakan adalah hak istimewa saya juga berada di lapangan bersama Rafa dalam pertandingan yang luar biasa ini,” katanya.

“Ini pasti pertandingan terbaik yang saya pernah mainkan di sini di Paris. Ini juga pertandingan dengan atmosfer, suasana, dan energi terbaik,” tambahnya..

Nadal secara dominatif memenangi set pertama dan tidak membuat Djokovic berkutik untung melawannya.

Namun, Djokovic mampu bangkiy memenangkan set kedua dan kemudian menaklukkan set ketiga selama 97 menit yang tidak dapat dipercaya dalam salah satu tie-break terbesar sepanjang masa, setelah menyelamatkan satu set point.

Kerumunan sekitar 5.000 orang mencapai puncaknya menjelang akhir set ketiga ketika jam malam COVID-19 Paris menjulang.

Tsitsipas pada akhirnya mencapai final usai tiga kali gagal di semifinal (Roland Garros)

Dan sorakan terbesar malam itu datang dengan pengumuman bahwa para penggemar, yang diperkirakan akan dikeluarkan, ternyata diizinkan untuk tinggal, yang berarti kontes yang luar biasa itu dapat terus dimeriahkan oleh penonton langsung.

Djokovic terlihat segar meski hampir empat jam bermain dengan pesepakbola tanah liat terhebat di dunia saat ia mendekat dengan kejam.

Setelah mematahkan untuk memimpin 4-2, hasil akhir datang dengan cepat saat ia menambah catatan kekalahan pertama pada Nadal dalam enam tahun.

Di final Minggu (13/6), Djokovic akan menghadapi Stefanos Tsitsipas pemenang kontes lima set dengan Alexander Zverev sebelumnya pada Jumat (11/6). Petenis Serbia itu selangkah lebih dekat dalam mengejar rekor Federer dan Nadal.

Stefanos Tsitsipas membuat sejarah dengan menjadi pemain pertama dari Yunani yang mencapai final Grand Slam saat ia menahan Alexander Zverev dalam lima set thriller di Prancis Terbuka Roland Garros 2021.

Petenis berusia 22 tahun itu kehilangan keunggulan dua set dari Zverev sebelum menahannya untuk mencatatkan kemenangan 6-3, 6-3, 4-6, 4-6, 6-3 di Court Philippe Chatrier.

Dia membutuhkan lima match point tetapi Tsitsipas berhasil melewati batas untuk memperpanjang rekor kemenangannya atas petenis Jerman itu menjadi 6-2 saat ia mencapai final Grand Slam perdananya pada percobaan keempat, setelah kalah di tiga semifinal sebelumnya.

Petenis peringkat 5 dunia Tsitsipas telah menjadi pemain terbaik di lapangan clay, setelah memenangkan lebih banyak pertandingan daripada pemain lain pada tahun 2021, mengumpulkan gelar Masters 1000 pertamanya di Monte Carlo sebelum menang di Lyon.

Tsitsipas memenangkan set pembuka meski hanya mencetak satu winner dibandingkan dengan 11 unforced error.

Tsitsipas memenangkan enam game berturut-turut dari ketinggalan 3-0 di set kedua tetapi sikap pasifnya kembali menghantuinya saat Zverev mulai memotong kesalahan dan mengambil kendali.

Petenis Jerman itu berselisih sengit dengan wasit Renaud Lichtenstein atas keputusan wasit untuk tidak mengulang satu poin menyusul koreksi garis di 5-3 tetapi tidak membiarkan hal itu mengalihkan perhatiannya.

Kegugupan Tsitsipas terlihat jelas pada set keempat, unggulan kelima tidak mampu mengayun dengan bebas, sementara Zverev sekarang terlihat sangat keras di Court Philippe Chatrier.

Tapi Tsitsipas berhasil meningkatkan agresinya tepat ketika pertandingan tampaknya semakin menjauh darinya, dan meraih kemenangan setelah tiga jam dan 37 menit.

Dia adalah pria termuda yang mencapai final Slam sejak Andy Murray di Australia Terbuka 11 tahun lalu dan yang termuda di Roland Garros sejak Nadal pada 2008.

(Sky Sports/Eurosport, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait