Jaringan Telekomunikasi

Kementerian Kominfo Rancang Palapa Ring Integrasi, Upaya Reduksi Kesenjangan Digital

  • Whatsapp
Ilustrasi pembangunan Palapa Ring Integrasi

JAKARTA-KEMPALAN: Sebagai negeri yang besar dan memiliki jumlah penduduk yang banyak, Indonesia nyatanya masih belum dapat memberikan kesetaraan dalam segi digitalisasi. Masih dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia yang masih belum tersentuh jaringan digital.

Hal ini tentu memilukan, karena ada disparitas yang tampak secara gamblang dalam realitas sosial yang ada. Di kota-kota besar tanah air, seperti di pulau Jawa, sebagian besar penduduknya sudah inklusif terhadap teknologi. Disana, hampir semua warganya memiliki gawai untuk digunakan dalam berbagai sektor.

Namun tampak kontradiktif jika menilik daerah-daerah pelosok negeri, misalnya di daerah-daerah timur. Banyak ditemukan warga-warganya yang masih buta akan teknologi. Kondisi ini tentu akan berimbas pada kemajuan di sektor industri dan sektor-sektor fungsional lainnya.

Melihat hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informartika bersama PT Indosat Tbk dan PT XL Axiatan, berencana menggagas sebuah jaringan bernama Palapa Ring Integrasi. Nantinya, jaringan ini akan dibentangkan ke seluruh negeri sebagai upaya mereduksi kesenjangan digital di Indonesia.

Tri Wahyuningsih selaku Group Head Corporate Communications XL Axiata mengungkapkan, bahwa ketersediaan jaringan Palapa Ring ini akan sangat membantu terkait perseoran dalam pembangunan dan pemerataan jaringan Indonesia.

“Dengan adanya Palapa Ring diharapkan dapat menjawab permasalahan infrastruktur yang ada dan tentu saja dengan biaya yang mendukung keberlangsungan bisnis perseroan,” ujar Ayu, pada Kamis (10/6).

Ia menjelaskan bahwa jaringan Palapa Ring Integrasi akan memberikan dan memeratakan jaringan cepat ke seluruh pelosok negeri. Jaringan “tulang punggung” memiliki fungsi yang penting, karena berdampak pada layanan yang akan dirasakan oleh pelanggan.

Sementara itu, Steve Saerang selaku Senior Vice President Corporate Communications Indosat menuturkan, bahwa pihak dari perseroan ini akan membuka tangan untuk membantu dalam mengembangkan jaringan Palapa Ring Integrasi.

“Indosat berkomitmen penuh untuk mendukung penggelaran jaringan telekomunikasi seluas-luasnya di seluruh wilayah Indonesia untuk mendukung visi nasional transformasi menjadi negara digital,” tambah Steve.

Ia melihat, bahwa perluasan dari Palapa Ring Integrasi dengan keseluruhan jaringan yang akan menjadi tulang punggung nasional. Sehingga dapat menghadirkan jaringan yang berkualitas dan lebih memberikan manfaat di sektor teknologi. (Rafi Aufa Mawardi)

Berita Terkait