Azerbaijan

Yayasan Heydar Aliyev Mulai Pugar Masjid Terdampak Konflik

  • Whatsapp
Masjid Ashaghi Govhar Agha.

BAKU-KEMPALAN: Yayasan Heydar Aliyev sedang mengerjakan pemugaran dan perbaikan monumen keagamaan di Shusha setelah bertahun-tahun dihancurkan di bawah pendudukan Armenia. Masjid bersejarah yaitu Masjid Ashaghi Govhar Agha, Masjid Yukhari Govhar Agha dan Masjid Saatli dirancang oleh arsitek Karbalayi Safikhan Karabakhi, salah satu perwakilan sekolah arsitektur Karabakh.

Masjid-masjid ini telah dimasukkan dalam daftar monumen sejarah dan budaya yang memiliki kepentingan nasional. Monumen keagamaan di Shusha dirusak oleh orang-orang Armenia. Bagian dalam Masjid Yukhari Govhar Agha hancur, dekorasi menara rusak. Penutup dan elemen arsitektur lainnya juga hancur.

Tahap pertama rekonstruksi telah selesai. Sekarang pekerjaan sedang berlangsung di tahap kedua. Batu-batu di dinding masjid diletakkan sesuai dengan proyek aslinya. Pekerjaan penilaian sedang dilakukan dengan partisipasi para ahli asing di Masjid Ashaghi Govhar Agha, yang dihancurkan akibat pendudukan Armenia.

Setelah pendudukan kota Shusha oleh orang-orang Armenia, masjid bersejarah Saatli dihancurkan dan berubah menjadi reruntuhan. Yayasan Heydar Aliyev terlibat dalam upaya pemugaran monumen keagamaan dan sejarah Azerbaijan di wilayah Nagorno-Karabakh setelah pembebasan wilayah negara itu dari pendudukan Armenia.

Akibat vandalisme Armenia, ratusan institusi budaya dihancurkan di wilayah-wilayah pendudukan Azerbaijan. (Azer News, reza hikam)

Berita Terkait