Insiden Ryanair

Sofia Sapega: Saya Seharusnya Sidang S2

  • Whatsapp
Sofia Sapega, warga negara Rusia yang menjadi tahanan politik di Belarusia, pacar jurnalis Roman Protasevic. (BBC)

MINSK-KEMPALAN: Keluarga Sofia Sapega, pacar aktivis oposisi Belarusia Roman Protasevic yang ditahan ketika penerbangannya menggunakan maskapai Ryanair diturunkan dengan paksa di Minsk, telah menerima surat pertama darinya sejak pasangan itu ditangkap lebih dari dua minggu lalu.

Melansir Radio Free Europe/Radio Liberty, salah satu surat dari penjara KGB di Minsk dibagikan oleh ibu Sapega kepada penyiar Inggris dari BBC dan diterbitkan pada Rabu (9/6), menggambarkan pandangan dan aktivitas wanita muda itu sejak dipenjara.

Dalam surat yang ditulis pada 1 Juni dan 3 Juni, warga negara Rusia berusia 23 tahun itu meminta ibunya untuk tidak menyalahkan Protasevic atas apa yang terjadi saat dia menyesali kehilangan kehidupan di luar penjara.

“Hari ini adalah hari ketiga (di penjara), hari di mana saya seharusnya mempertahankan tesis S2 saya di pagi hari, dan di malam hari pergi dengan Raman ke restoran, minum sampanye, makan pasta, menikmati musim panas, ciuman, dan cinta. Namun, semuanya ternyata sedikit berbeda,” tulisnya seperti yang dikutip Kempalan dari RFE/RL. Ia justru mendapatkan bubur setiap pagi dan hanya minum teh dan kue pada malam hari.

“Sangat pahit untuk memikirkannya, tetapi sepertinya saya akan kehilangan banyak hal dalam hidup,” tambah Sofia dalam suratnya. Ia juga menambahkan bagaimana dirinya menghabiskan waktu di selnya dengan olah raga, membaca, menulis buku harian, dan berkata tidak hari-harinya tidak akan terasa mudah tapi ia percaya dirinya mampu menghadapi situasi sekarang.

Pihak berwenang Belarusia sebelumnya telah merilis video Sapega di mana dia mengaku sebagai penyunting saluran Telegram Buku Hitam Belarusia. Saluran itu dilarang di Belarus dan dianggap sebagai “ekstremis”, saluran tersebut menerbitkan informasi pribadi tentang karyawan agen keamanan negara. Pengacara Sapega belum meninjau dokumen terkait penahanannya dan sifat pasti dari dugaan kejahatan yang dia lakukan tidak jelas. (RFE/RL, reza hikam)

Berita Terkait