Penanganan Pandemi

98 Angkatan Laut Malaysia Positif Covid-19

  • Whatsapp
Menteri Senior Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaakob. (Malay Mail)

KUALA LUMPUR-KEMPALAN: Sembilan puluh delapan awak kapal Angkatan Laut Kerajaan Malaysia KD Mahawangsa telah dinyatakan positif Covid-19, Kementerian Pertahanan Malaysia mengkonfirmasi pada Selasa (8/6).

Menteri Senior Pertahanan Ismail Sabri Yaakob mengatakan para kru mengambil tes cepat antigen sebelum naik ke kapal, tetapi dipastikan positif setelah beberapa hari di atas kapal.

Tidak ada anggota kru yang menunjukkan gejala apa pun sejauh ini, kata Ismail Sabri, seraya menambahkan bahwa mereka semua telah diisolasi dan ditempatkan di bawah karantina.

Melansir dari Channelnewsasia, pada konferensi pers, dia mengatakan mereka akan diuji lagi setelah 10 hari dan akan diizinkan turun jika hasil tesnya negatif.

Ismail Sabri mengatakan kementerian belum memastikan bagaimana awak kapal terinfeksi virus corona.

“Seperti yang kita ketahui, COVID-19 ada di masyarakat. ABK ini pasti sudah terinfeksi COVID-19 sebelum naik kapal, mungkin saat di rumah atau saat membeli sembako di supermarket,” katanya.

Ismail Sabri mengatakan bahwa herd immunity bagi personel militer dan pegawai negeri sipil di bawah kementerian, serta keluarganya, dapat dicapai lebih cepat.

“Secara keseluruhan, kami memiliki 500.000 personel termasuk keluarga mereka dan kami menargetkan 200.000 untuk divaksinasi per bulan untuk memungkinkan kami mencapai kekebalan kelompok dalam tiga bulan,” tambahnya. (Channelnewsasia, Abdul Manaf Farid)

Berita Terkait