Nestle

Viral Laporan Produk Nestle Tak Sehat

  • Whatsapp

Jakarta-KEMPALAN: Beberapa produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh Nestle dilaporkan tidak sehat. Hal ini diketahui dari dokumen internal Nestle yang beredar dan diterima oleh Financial Times, Minggu (6/6/2021).

Disebutkan bahwa lebih dari 60% produknya tidak bagus untuk tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak dan setiap hari. Bahkan, dari dokumen tersebut diketahui bahwa hanya 37% dari produk makanan dan minuman Nestle yang memperoleh rating atau bintang di atas 3,5 dari Australia Health Rating System.

Rating 3,5 adalah ambang batas untuk mengakui kesehatan produk. Dokumen tersebut juga menuliskan bahwa beberapa produk perusahaan tidak akan pernah sehat meski dilakukan banyak pembaharuan.

Bukan hanya itu, 96% dari minuman Nestlé, tidak termasuk kopi murni, dan 99% dari portofolio permen dan es krimnya juga tak baik untuk kesehatan. Hanya 82% produk minuman dan 60% produk susu yang memenuhi ambang batas kesehatan yakni bintang 3,5.

“Kami telah membuat peningkatan signifikan pada produk kami… [tetapi] portofolio kami masih berkinerja buruk dibandingkan definisi eksternal kesehatan dalam lanskap di mana tekanan peraturan dan permintaan konsumen meroket,” tulis dokumen tersebut.

Meski demikian, mengutip media yang sama, data tersebut tidak termasuk susu formula bayi, makanan hewan, kopi dan divisi ilmu kesehatan, yang membuat makanan untuk orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Produk-produk ini dinilai menyumbang sekitar setengah dari pendapatan tahunan Nestlé sebesar £72,7 miliar (Rp 1.260 triliun).

Kepala Eksekutif Nestlé Mark Schneider menolak jika produk perusahaannya dinilai tidak sehat. “Dokumen internal bertentangan dengan klaim ini,” katanya ke Financial Times.

Sementara itu, menurut Down to Earth, 100 gram cokelat KitKat Nestle mengandung 49% gram gula. Di mana ini adalah dua kali lipat dari batas atas kebutuhan gula yang direkomendasikan dalam sehari.

Begitu juga mie Maggi mengandung 3,7 gram garam. Ini adalah sebanyak 75% dari jumlah kebutuhan garam yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

Dalam wawancaranya dengan Reuters, Nestle mengatakan saat ini sedang melakukan pembaharuan strategi nutrisi dan kesehatan untuk seluruh produknya.

“Upaya kami dibangun di atas fondasi kerja yang kuat selama beberapa dekade. … Misalnya, kami telah mengurangi gula dan natrium dalam produk kami secara signifikan dalam dua dekade terakhir, sekitar 14-15% dalam tujuh tahun terakhir saja.” (nn)

 

 

 

 

 

Berita Terkait