Belarusia

NATO: Minsk semakin Terikat dengan Moskow

  • Whatsapp
Jens Stoltenberg, Sekretaris Jenderal NATO (NATO).

MINSK-KEMPALAN: Jens Stoltenberg, sekretaris jenderal NATO mengatakan, Belarusia semakin “bergantung” dengan Rusia usai diisolasi oleh negara Barat karena tindakan keras yang dilakukan pemerintahnya terhadap demonstran anti-pemerintah.

Komentar Stoltenberg ini disampaikan dalam wawancaranya dengan Welt am Sonntag yang diterbitkan pada Minggu (6/6), seminggu sebelum pertemuan tahunan NATO di Inggris. Dalam pertemuan itu, Rusia dan Belarusia akan menjadi topik utama yang akan diikuti dengan pertemuan pimpinan G7 tanggal 11-13 Juni 2021.

Stoltenberg mengatakan kepada surat kabar itu bahwa NATO “mengikuti apa yang terjadi di Belarus dengan sangat dekat” dan menyatakan keprihatinan atas hubungan yang lebih dalam antara Minsk dan Moskow. Ia juga mengatakan, NATO siap “untuk melindungi dan mempertahankan sekutu manapun melawan segala macam ancaman dari Minsk maupun Moskow.”

Dia juga mengatakan perjanjian kemitraan NATO dengan Belarusia telah dikurangi secara signifikan sejak Lukashenka melepaskan pasukan polisinya pada pengunjuk rasa setelah pemilihan presiden 9 Agustus yang mereka klaim dicurangi untuk mendukung penguasa tersebut.

Secara terpisah, Stoltenberg mengatakan NATO “berpegang teguh pada” pendekatan dua arahnya terhadap Kremlin tentang pencegahan dan dialog tentang masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama seperti pengendalian senjata. Menurutnya, jika NATO dan Kremlin tidak berdialog, maka tidak akan bisa menyelesaikan masalah atau memperbaiki hubungan. (RFE/RL, reza hikam)

Berita Terkait