Penanganan Pandemi

Ribuan WNI Positif Covid di Malaysia

  • Whatsapp

Jakarta –KEMPALAN: Angka infeksi Covid-19 di Malaysia terus menerus meningkat pesat. Pada hari ini, Rabu (2/6/2021), Negeri Jiran mencatatkan 7.703 kasus positif harian Covid-19. Langkah ini membuat pemerintah pimpinan Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin memberlakukan tindakan lockdown nasional hingga 14 Juni mendatang.

Sementara itu, beberapa Warga Negara Indonesia (WNI) di saat ini berada di Malaysia juga tercatat terinfeksi virus corona ini. Menurut Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono, dari catatan yang ia dapatkan ada 831 WNI positif Covid di negara itu.

Namun ia memprediksi bahwa angka itu belum sepenuhnya menggambarkan jumlah WNI positif Covid. Ia memperkirakan ada 1.200 hingga 1.300 total WNI yang terinfeksi Covid di Malaysia.

“Data yang kita terima ada 831 tapi perkiraan saya ada 1.200 hingga 1.300 karena belum dilaporkan kepada kita,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa mekanisme pelaporan Covid-19 yang dilakukan Malaysia sendiri langsung tercatat di data Kementerian Kesehatan Malaysia sehingga bila tidak dilaporkan kepada kedutaan maka pihak kedutaan tidak dapat mengetahui secara pasti angka warga negaranya yang positif Covid.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa KBRI Kuala Lumpur siap untuk mengambil beberapa langkah yang diperlukan untuk menopang perekonomian para TKI yang terdampak lockdown ketat yang diberlakukan kali ini pasca infeksi Covid.

“KBRI siap mengantisipasi bilamana kita perlu menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid.”

Hingga saat ini secara agregat Malaysia mencatatkan 587 ribu kasus Covid-19 dengan lebih dari 2.800 kematian sejak pandemi melanda. Sementara itu jumlah penambahan kasus harian di negara itu masih berada di atas level 6 ribu per hari. (nn)

 

 

Berita Terkait