Ekspedisi Luar Angkasa

Selangkah Menuju Kesuksesan Stasiun Luar Angkasa China

  • Whatsapp
Pesawat Long March 7 China. (People)

BEIJING-KEMPALAN: China pada Sabtu (29/5) malam meluncurkan pesawat kargo yang membawa pasokan untuk stasiun luar angkasa barunya, setelah penundaan karena alasan teknis melalui, kata media pemerintah.

Roket 14-ton Long March 7 yang membawa Tianzhou-2 – sarat dengan kebutuhan pokok seperti makanan, peralatan dan bahan bakar – meluncur dari lokasi peluncuran Wenchang di pulau tropis selatan Hainan, kantor berita Xinhu melaporkan.

Pesawat tersebut berhasil merapat dengan modul inti stasiun luar angkasa Tianhe pada hari Minggu (30/5), menurut Badan Antariksa Berawak China (CMSA).

Melansir dari Xinhuanet, Pada 5:01 (Waktu Beijing), Tianzhou-2 dan Tianhe menyelesaikan pertemuan dan docking yang diatur oleh komputer. Seluruh proses memakan waktu sekitar delapan jam, kata CMSA

Roket Long March-7 Y3, membawa Tianzhou-2, meluncur dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di pantai provinsi pulau selatan Hainan pada pukul 20:55 (Waktu Beijing) Sabtu.

Dikombinasikan dengan Tianhe, Tianzhou-2 akan mengisi kembali propelan Tianhe. Pengujian peralatan proyek aplikasi ruang angkasa juga akan dilakukan sesuai rencana.

China meluncurkan modul inti stasiun luar angkasa Tianhe pada 29 April. Negara itu berencana untuk menyelesaikan verifikasi teknologi utama dan pembangunan stasiun luar angkasa di orbit melalui beberapa peluncuran dalam dua tahun.

Peluncuran pesawat kargo adalah pertama kalinya sistem transportasi kargo stasiun luar angkasa, yang terdiri dari pesawat ruang angkasa Tianzhou dan roket Long March-7, mulai digunakan. (Xinhuanet, Abdul Manaf Farid)

Berita Terkait