Krisis Politik Belarusia

Pemimpin Oposisi Belarusia Serukan Solidaritas, Lawan Rezim Lukashenka

  • Whatsapp
Svetlana Tsikhanouskaya, pemimpin oposisi Belarusia.

MINSK-KEMPALAN: Pemimpin oposisi Belarusia, Svetlana Tsikhanouskaya menyerukan hari solidaritas global pada Sabtu (29/5) untuk mendukung penduduk Belarusia mendapatkan demokrasi. Ia meminta orang-orang untuk bergabung dengan “panggilan global” pada hari yang menandakan peringatan protes damai di Belarusia dan represi keras dalam sejarah negaranya.

Tanggal 29 Mei juga menjadi peringatan penangkapan suaminya, Syarhey Tsikhanouski karena terlibat dalam demonstrasi yang tidak berizin. Kebetulan juga Tsikhanouski juga menjadi calon presiden pada Agustus 2020, sejak itu, istrinya Tsikhanouskaya menggantikan posisi suaminya sebagai capres.

“Tetapi hal utama bagi Belarusia untuk saling mendukung pada hari ini di negara itu – dengan segala cara yang mungkin: demonstrasi jalanan, simbol, surat kepada tahanan politik,” kata Tsikhanouskaya di Telegram yang dikutip Kempalan dari RFE/RL.

Dia mendesak orang-orang di mana saja untuk mengadakan demonstrasi, mengikuti acara virtual, menandatangani petisi, menulis surat kepada tahanan politik di Belarusia, mengunggah di media sosial, dan menerangi fasad bangunan dengan warna merah dan putih, warna-warna oposisi Belarusia.

“Sangat penting untuk mengirimkan sinyal dukungan yang jelas kepada orang-orang Belarusia yang berani berjuang untuk kebebasan, tetapi juga untuk mendesak rezim diktator untuk mengakhiri kekerasan, menghentikan penyiksaan, membebaskan semua tahanan politik, dan melakukan pemilihan presiden baru yang bebas dan adil,”tutur Tsikhanouskaya dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya. (RFE/RL, reza hikam)

Berita Terkait