Teknologi

Foto Ungkap Mark Zuckerberg Berselancar Kenakan Gelang Anti Hiu

  • Whatsapp
CEO Facebook tertangkap kamera sedang berselancar (foto:ist)

HAWAII-KEMPALAN: CEO Facebook Mark Zuckerberg terlihat mengenakan gelang yang dirancang untuk melindungi dari serangan hiu saat berselancar pada hari Kamis (17/5).

Foto dari TMZ menunjukkan Zuckerberg dengan gelang Sharkbanz di pergelangan kakinya saat tamasya dengan papan selancar hidrofoil di Kauai, Hawaii. Seorang juru bicara Sharkbanz mengonfirmasi bahwa salah satu pendiri Facebook telah membeli perangkat Sharkbanz 2 dari situs web perusahaan.

Awal bulan ini, Zuckerberg memposting video di papan selancar. Dalam video tersebut dia tampak memakai gelang tersebut.

Mark Zuckerberg berselancar dengan gelang anti hiu (Foto:ist)

Gelang Sharkbanz seharga $ 84 mengklaim dapat menangkis hiu dengan memancarkan arus listrik yang dirancang untuk mencegah hiu dengan mengganggu kemampuan hiu untuk merasakan medan elektromagnetik saat mencari mangsa.

Perangkat ini telah dipuji oleh beberapa peselancar profesional, termasuk Juara Selancar Dunia 1988, Barton Lynch. Tahun lalu, mantan Presiden Barack Obama difoto mengenakan gelang Sharkbanz.

Terlepas dari popularitasnya, beberapa ahli telah mewaspadai perangkat ini di masa lalu. Penyelam scuba akhir Erich Ritter, yang dikenal karena pembuatan film “Hiu Banteng: Hiu Paling Mematikan di Dunia,” mengatakan kepada publikasi Jerman Deutsche Welle (DW) pada tahun 2017 bahwa ia yakin Sharkbanz tidak berfungsi.

“Sharkbanz ini bertindak hanya sebagai pengaman psikologis,” katanya. “Mereka tidak berpengaruh sama sekali.”

Chris Lowe, direktur Shark Lab di California State University, Long Beach, mengatakan kepada The Inertia, sebuah publikasi selancar dan luar ruangan, bahwa dia belum melihat data untuk mendukung penggunaan produk seperti Sharkbanz. Padahal, Sharkbanz telah menyediakan beberapa video yang menunjukkan hiu banteng menghindari boneka yang memakai perangkat tersebut. Gelang itu juga telah diverifikasi oleh penelitian pihak ketiga di Coastal Carolina University, menurut situs perusahaan.

Ritter mengatakan magnet di gelang itu tidak cukup kuat untuk mencegah hiu. Dia menunjuk sebuah insiden pada tahun 2016 ketika seorang bocah lelaki berusia 16 tahun digigit hiu di Florida saat mengenakan gelang Sharkbanz. Pada saat kecelakaan terjadi, salah satu pendiri Sharkbanz, Nathan Garrison, mengatakan serangan hiu adalah anomali dan menjelaskan perangkat tersebut hanya mampu melindungi dari jenis serangan tertentu.

Papan selancar hidrofoil Zuckerberg juga memiliki pola zebra di bagian bawah yang kabarnya dirancang untuk menghalau hiu. Secara teori, belang menyulitkan hiu untuk mengidentifikasi mangsanya.

Ini bukan kali pertama Zuckerberg berada di papan hidrofoil. Pada 2019, CEO memposting video selancar lainnya. (adji/insider)

Berita Terkait