Gerhana Bulan Total

Puncak Gerhana, Bulan Berwarna Merah dan Terlihat Dekat

  • Whatsapp
Puncak Gerhana Bulan melalui Penginderaan Jauh (BMKG).

WONOGIRI-KEMPALAN: Puncak Gerhana Bulan Total telah terjadi Rabu (26/5) malam pada pukul 18.18 WIB. Peristiwa ini terjadi selama 15 menit.

Awal Gerhana dijadwalkan terjadi pada pukul 15.46 WIB, namun pukul 18.00 WIB terpantau Bulan baru terlihat di daerah Wonogiri dan sekitarnya. Sesuai jadwal, pukul 18.18 Bulan terlihat sangat merah selama kurang lebih 15 menit. Hingga pada pukul 18.55 Gerhana sudah dalam fase akhir sebagian.

Melansir dari infografis LAPAN, gerhana akan berakhir pada pukul 20.51 WIB. Gerhana bulan kali ini disebut spesial karena beriringan dengan terjadinya Perige yakni saat bulan berada di jarak paling dekat dengan bumi yang sering disebut Super Moon.

Penampakan gerhana bulan di Wonogiri (istimewa).

Bulan yang tampak merah karena pembiasan cahaya Matahari oleh lapisan atmosfer Bumi dipadu dengan ukuran yang tampak besar ini biasa disebut dengan Super Blood Moon.

Gerhana Bulan Super Blood Moon ini dapat disaksikan di seluruh Indonesia namun daerah Aceh, Pulau Nias, dan sebagian Sumatera Utara tidak dapat menyaksikan gerhana bulan total

Melansir dari Space, Gerhana bulan terjadi saat bulan berada di sisi berlawanan dari Bumi dengan Matahari. Biasanya kita melihat bulan purnama saat ini terjadi, tetapi bulan sering kali memasuki bayangan bumi, sehingga terjadi gerhana. Ini tidak terjadi setiap bulan purnama karena bidang orbit bulan miring sekitar 5 derajat dari bidang orbit bumi, dan bulan “melewatkan” bayangan bumi.

Penampakan gerhana bulan di Surabaya (istimewa).

Tidak seperti Gerhana Matahari , yang hanya terlihat di sepanjang jalur sempit, Gerhana Bulan terlihat dari seluruh sisi malam Bumi; seluruh gerhana ini membutuhkan waktu sekitar lima jam dari awal hingga akhir.

Waktunya sangat bergantung pada zona waktu, relatif terhadap apa yang disebut Waktu Koordinasi Universal (efektif jam di Greenwich, Inggris). Di Asia, gerhana terjadi di dekat bulan terbit di malam hari. Di pantai barat Amerika, gerhana terjadi pada dini hari, dekat bulan terbenam. Pemandangan terbaik akan berada di antara dua ekstrem tersebut: Australia, Selandia Baru, Hawaii, pulau-pulau di Pasifik Selatan dan Alaska barat daya.(LAPAN/Space, Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait