Event Surabaya Vaganza Kali Ini Bakal Menceritakan Sejarah Panjang Kota Surabaya

waktu baca 3 menit

SURABAYA-KEMPALAN: Pemkot Surabaya sebentar lagi menggelar Parade Mobil Hias dan Pawai Budaya ‘Surabaya Vaganza’ 2024. Acara tahunan ini akan digelar dengan tema berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tema yang diusung kali ini adalah, ‘The Chronicle of Surabaya’. 

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat Syah mengatakan, yang bikin Surabaya Vaganza tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya adalah temannya. Tema ‘The Chronicle of Surabaya’ ini menceritakan tentang perjalanan panjang sejarah Kota Pahlawan dari masa ke masa. 

“Jadi menceritakan Surabaya sebelum era kerajaan, era kerajaan, era kolonial, dan Surabaya di era sekarang. Jadi nanti parade mobilnya itu jalan berurutan sesuai dengan era yang diceritakan,” kata Hidayat, Jumat (24/5). 

Hidayat menjelaskan, Surabaya Vaganza nantinya akan digelar mulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB, Minggu, 26 Mei 2024. Sedangkan rute yang akan dilalui Surabaya Vaganza kali ini, yaitu mulai dari Tugu Pahlawan sampai dengan Balai Pemuda. 

“Karena paginya ada Medic Air Run yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran UNAIR. Nah itu (Medic Air Run) akan melalui rute dari FK UNAIR sampai ke Jalan Tunjungan, lalu kembali ke FK UNAIR,” jelas Hidayat.

Peserta pawai mobil hias Surabaya Vaganza di peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 kali ini juga berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau di HJKS ke-730 melibatkan peserta dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), swasta, dan perguruan tinggi. Di tahun ini Pemkot Surabaya hanya melibatkan komunitas, masyarakat umum, swasta, BUMD, dan perguruan tinggi.

Bahkan, juga ada peserta pawai budaya yang ikut dalam Surabaya Vaganza di tahun ini. Menurutnya, antusiasme dari para peserta pawai budaya di tahun ini sangat tinggi. “Mereka sangat antusias, bahkan mereka tak segan iuran untuk modal parade nanti. Jadi nanti ada 22 peserta pawai mobil hias, dan 22 peserta pawai budaya. Nantinya mereka berjalan beriringan dari Tugu Pahlawan hingga ke Balai Pemuda,” ujarnya. 

Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya itu mengajak seluruh masyarakat di Kota Surabaya untuk menyaksikan keseruan Surabaya Vaganza pada Minggu, 26 Mei 2024. Seperti di tahun sebelumnya, masyarakat bisa hadir menyaksikan Surabaya Vaganza secara langsung di rute-rute yang telah ditentukan. 

Dalam Surabaya Vaganza nanti, Pemkot Surabaya tidak lupa memberi pembatas atau barier di sepanjang rute Surabaya Vaganza. Tujuannya adalah, agar peserta pawai dan para pengunjung yang datang ke lokasi merasa aman dan nyaman. 

Seperti di tahun sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, jajaran Forkopimda Surabaya hingga tamu delegasi juga dijadwalkan hadir dalam acara ini. “Jadi monggo masyarakat datang nikmati Surabaya Vaganza dengan tertib, tapi jangan sampai mengambil bunga sebelum acara selesai,” pungkasnya. (Dwi Arifin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *