Rektor ITS Bambang Pramujati Dilantik, Khofifah Optimis ITS Semakin Mampu Kembangkan Ekosistem Digital untuk Tingkatkan Kemajuan Bangsa

waktu baca 3 menit

KOTA SURABAYA-Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa hadir dalam acara Pelantikan Rektor ITS Periode 2024 – 2029 Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD IPU AEng di Graha Sepuluh Nopember Surabaya, Selasa (30/4/2024).

Di kesempatan ini Khofifah optimis bahwa ITS di bawah kendali Bambang Pramujati akan mampu semakin mengembangan ekosistem pendidikan yang lebih maju, lebih inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM bangsa.

Terutama dengan kekuatan kampus perjuangan yang kental dengan digital IT, diyakini Khofifah akan membawa semangat untuk kemajuan bangsa lebih signifikan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Hari ini dunia digerakkan oleh ekosistem digital yang sangat cepat . Sedangkan ITS punya kapasitas yang begitu besar dan juga prestasi-prestasi yang gemilang sebagai modal untuk mencetak generasi bangsa yang menguasai ekosistem digital secara baik,” tegas Khofifah.

“Jawa Timur dan Indonesia bahagia karena memiliki ITS. Yang artinya kami berharap besar ITS akan menjadi penggerak untuk menguatkan kualitas SDM bangsa yang adaptif dengan perkembangan teknologi IT yang begitu cepat berkembang dewasa ini,” imbuhnya.

Digital ecosystem saat ini ditegaskan Khofifah menjadi kebutuhan penting dunia di segala lini. Penyediaan infrastruktur dalam penerapan teknologi harus terus diupayakan dan didorong agar dunia menjadi semakin efektif dan efisien.

“Terutama di dunia pendidikan. Saat ini perusahaan dunia kerja juga membutuhkan SDM yang memiliki skill di bidang teknologi yang menguasai digital eco system. Sehingga ITS perannya sangat strategis untuk bisa mencetak generasi berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan dunia kerja,” tandas Khofifah.

Untuk itu, harapan besar disampaikan Khofifah pada Rektor ITS yang baru untuk bisa menghasilkan lulusan makin berkualitas. Hal ini juga sejalan dengan upaya peningkatan IPM Jawa Timur.

Dimana BPS mencatat selama periode 2019 – 2023 IPM Jatim meningkat 3,5 persen. Dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jatim per akhir Desember 2023 telah melampaui rata-rata nasional yaitu sebesar 74,65, sedangkan IPM nasional sebesar 74,39.

“Sekali lagi selamat untuk Rektor ITS Ir Bambang Pramujati ST MScEng PhD IPU AEng. Semoga diberikan kelancaran, kesuksesan dan keberkahan selama menjalankan amanah,” tegasnya.

Tak lupa, Khofifah juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya pada Rektor ITS sebelumnya yaitu Prof Ashari. Pasalnya banyak kerjasama yang telah dilakukan ITS dengan Pemprov Jatim selama lima tahun belakangan. Salah satunya kerjasama SMA Double Track yang mana program ini dilakukan bimbingan langsung oleh rektor ITS.

Progtam SMA Double Track ini dilakukan berdasarkan kerjasama Unicef, Dinas Pendidikan Jatim dan juga ITS dengan tujuan untuk membekali siswa SMA yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi agar memiliki keterampilan sehingga dapat mandiri serta diterima di dunia kerja. 

Para siswa dibekali kreatifitas dan kompetensi sesuai dengan kondisi kebutuhan skill di DUDI agar mereka siap terjun ke masyarakat melalui rintisan wirausahan maupun bekerja di industri.

“Semoga kerja-kerja strategis yang sinergis terus kita bangun agar ke depan bisa bersama-sama mewujudkan Indonesia Emas 2045,” pungkas Khofifah.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *