Analisis Kekuatan Uzbekistan, Lawan Indonesia di Semifinal

waktu baca 2 menit
Salah satu momen pada laga Uzbekistan vs Arab Saudi di Piala Asia U-23 2024 (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Timnas Indonesia akan melawan Uzbekistan di laga semifinal Piala Asia U-23 2024. Mengalahkan Uzbekistan tentu bukanlah perkara mudah karena tim berjuluk Serigala Putih itu merupakan salah satu raksasa di sepak bola Asia. 

Uzbekistan merupakan salah satu tim yang berpengalaman di ajang Piala Asia U-23. Mereka sudah berpengalaman di enam kali edisi karena selalu lolos ke ajang ini sejak tahun 2013. 

Selama mengikuti ajang Piala Asia U-23 sebanyak enam kali itu, Uzbekistan pernah masuk ke final sebanyak dua kali pada 2018 dan 2022, mereka juga pernah menjadi juara pada Piala Asia U-23 2018.

Pada edisi kali ini, Uzbekistan juga tampil sangat luar biasa. Di babak penyisihan grup D, mereka tampil sempurna dengan mampu menyapu bersih tiga pertandingan tanpa dengan kemenangan dan tanpa kebobolan.

Di penyisihan grup D, Uzbekistan mengalahkan Malaysia 2-0, menaklukkan Kuwait 5-0, dan menghajar Vietnam 3-0. Sementara di perempatfinal, tim berjulukan Serigala Putih itu mengalahkan raksasa Asia, Arab Saudi dengan skor 2-0.

Rekor impresif tersebut menjadi bukti bahkan tim asuhan Timur Kapadze tersebut punya kualitas mumpuni dan unggul di semua lini.

Tidak hanya mencatat rekor clean sheet, dalam empat kali pertandingan di Piala Asia U-23, Uzbekistan juga menjadi tim paling produktif di kompetisi dengan catatan 12 gol.

Menariknya, gol-gol tersebut dibagi rata dan tidak ada pemain yang memborong hingga tiga gol. Terdapat total 10 pemain Uzbekistan yang sudah mencetak gol selama Piala Asia U-23 2024.

Artinya, Indonesia tidak bola hanya mewaspadai striker Uzbekistan saja, namun juga seluruh pemain karena gol bisa datang dari pemain mana saja. 

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *