7 Jenis Dimsum Yang Wajib Dicoba Di Restoran Dimsum

waktu baca 3 menit

Restoran dimsum merupakan tempat yang menarik bagi para pencinta kuliner Asia. Hidangan Tiongkok ini terkenal dengan berbagai macam jenisnya serta menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia.

Dengan berbagai pilihan hidangan yang lezat dan unik, tak heran jika dimsum menjadi favorit banyak orang. Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang hidangan ini, berikut adalah beberapa jenis dimsum yang wajib dicoba di restoran dimsum terbaik:

1. Siomay

Siomay adalah salah satu jenis dimsum yang paling terkenal di seluruh dunia. Hidangan ini terdiri dari campuran daging ikan, udang, atau ayam yang dibungkus dengan kulit pangsit tipis dan kemudian dikukus.

Siomay sering disajikan dengan saus kacang atau saus cabe untuk memberikan cita rasa yang khas. Kombinasi tekstur lembut dari daging dan kelezatan saus membuat siomay menjadi pilihan yang sempurna untuk pencinta dimsum.

2. Har Gow

Har Gow adalah dimsum yang terkenal dengan kulitnya yang transparan dan diisi dengan udang segar. Kulit dimsum ini harus tipis dan kenyal, sementara isian udangnya harus lembut dan gurih.

Har Gow biasanya disajikan dengan saus jahe untuk menambah cita rasa segarnya. Keanggunan dalam kulit yang transparan dan rasa udang yang lembut membuat Har Gow menjadi salah satu dimsum yang paling dicari di restoran dimsum.

3. Char Siu Bao

Char Siu Bao atau bun babi panggang adalah dimsum yang berisi daging babi panggang dengan saus manis. Isian daging babi ini dimasak dengan bumbu khas Tiongkok seperti kecap, bawang putih, dan madu.

Char Siu Bao memiliki tekstur yang lembut dan manis, membuatnya menjadi camilan atau hidangan pembuka yang populer di restoran dimsum. Rasa manis dari daging babi panggang dan kelembutan dari roti bun menciptakan kombinasi yang menggoda selera.

4. Shumai

Shumai adalah dimsum yang berbentuk seperti kerucut dan diisi dengan daging cincang, udang, dan sayuran. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus soy dan taburan bawang goreng.

Shumai memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut, menjadikannya pilihan yang sederhana namun memikat di restoran dimsum. Kesederhanaan dalam penyajiannya tetapi kelezatan yang khas membuat Shumai menjadi favorit banyak pecinta dimsum.

5. Cheong Fun

Cheong Fun adalah gulungan tepung beras yang diisi dengan daging, udang, atau sayuran. Gulungan ini kemudian disajikan dengan saus kecap atau saus kacang.

Cheong Fun memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, dan sering dihidangkan sebagai sarapan atau camilan di restoran dimsum.

Sensasi kenyal dari tepung beras yang melapisi isian yang gurih dan lezat membuat Cheong Fun menjadi pilihan yang tepat bagi pencinta dimsum yang menginginkan pengalaman unik.

6. Xiao Long Bao

Xiao Long Bao atau siumay sapi adalah dimsum yang terkenal dengan kuah gurih yang terdapat di dalamnya. Hidangan ini memiliki kulit yang tipis dan diisi dengan daging cincang, udang, dan kuah kaldu yang gurih.

Xiao Long Bao biasanya disajikan dengan saus cuka hitam dan potongan jahe untuk memberikan rasa segar. Setiap gigitan Xiao Long Bao akan memberikan kelezatan yang meledak di mulut, membuatnya menjadi salah satu dimsum yang paling dicari di restoran dimsum.

7. Fung Zhao

Fung Zhao adalah dimsum yang terbuat dari udang yang dilapisi dengan kulit pangsit tipis dan kemudian digoreng hingga garing. Hidangan ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalamnya.

Fung Zhao sering disajikan dengan saus mayo atau saus manis pedas untuk menambah cita rasa yang beragam. Kombinasi antara tekstur renyah dan gurih dari udang dengan saus yang menyegarkan menciptakan dimsum yang menggugah selera.

Dengan mengetahui keunikan dan kelezatan dari berbagai jenis dimsum tersebut, pengalaman kuliner Anda akan semakin terasa lengkap dan memuaskan. Selamat menikmati pengalaman kuliner yang luar biasa dengan dimsum!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *