Timnas U17 Masih Berpeluang Lolos ke 16 Besar, Asalkan…

waktu baca 2 menit
Salah satu momen pada laga Indonesia vs Irak di fase grup Piala Dunia U-17 2023 (*)

JAKARTA-KEMPALAN: Timnas U-17 Indonesia gagal memetik kemenangan pada laga ketiga fase grup Piala Dunia U-17 2023. Lantas apakah Garuda Muda masih berpeluang lolos ke babak 16 Besar? 

Timnas U-17 Indonesia harus menahan malu usai dikalahkan oleh Maroko di depan pendukung sendiri di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (16/11). 

Garuda Muda kalah dengan skor 3-1. Tiga gol Maroko dicetak oleh Anas Alaoui (29’-penalti), Abdelhamid Eit Boudlal (39’), dan Mohamed Hamony (64’). Sedangkan Indonesia hanya mampu membalas sekali lewat tendangan bebas Nabil Asyura (42’).

Sesuai pertandingan, Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti meminta maaf kepada masyarakat Indonesia karena gagal membawa Indonesia meraih kemenangan.

“Pemain sudah bekerja keras, pemain sudah berusaha. Kami memang harus mengakui bahwasanya Maroko memang bermain lebih baik dari kami. Tidak ada pemain yang salah di sini, semua kesalahan memang dari saya,” ucap Bima Sakti. 

Secara permainan, Indonesia memang kalah jauh dari Maroko yang tampil agresif. Maroko membukukan 26 tembakan dengan 10 diantaranya mengarah ke gawang. Sedangkan Garuda Muda hanya menorehkan dua tembakan ke gawang.

“Usaha yang sudah kami lakukan, yang pasti pemain kerja keras. Semoga momentum Piala Dunia ini ke depan nanti bisa lebih baik lagi. Masih banyak sekali yang harus kami perbaiki,” imbuh Bima Sakti.

Kemenangan ini membuat Maroko berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup A dengan koleksi enam poin dalam tiga pertandingan.

Menemani Maroko, Ekuador juga memastikan diri lolos ke babak 16 Besar sebagai runner-up Grup A dengan koleksi lima poin hasil dari satu kemenangan dan dua kali imbang. 

Sedangkan Indonesia hanya menduduki posisi ketiga dengan koleksi dua poin. Untuk saat ini, Indonesia sebenarnya masih berpeluang menembus 16 besar jika mampu masuk empat tim terbaik peringkat ketiga.

Sekarang Indonesia harus bergantung pada hasil laga Korea Selatan (0 point) yang saat ini menempati peringkat ketiga di Grup E dan Meksiko (1 poin)  yang menempati peringkat ketiga di Grup F. 

Kedua negara tersebut masih harus menjalani laga ketiga fase grup. Korea Selatan akan berjumpa dengan Burkina Faso, sementara Meksiko menghadapi Selandia Baru.

Jika di laga terakhir keduanya mendapat hasil imbang maka Indonesia akan berpeluang untuk lolos, namun dengan syarat Meksiko harus seri dengan skor 0-0 saat menghadapi Selandia Baru.

Jika Meksiko seri dengan skor 1-1 saat menghadapi Selandia Baru, maka Meksiko lah yang akan lolos karena memiliki keunggulan agresivitas gol, yaitu empat gol berbanding tiga gol milik Indonesia. 

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *