Sempat Unggul, Timnas Indonesia Tahan Imbang Ekuador 1-1 di Piala Dunia U-17

waktu baca 3 menit

SURABAYA-KEMPALAN: Timnas Indonesia U-17 bikin kejutan di Piala Dunia U-17 2023. Garuda Muda yang sempat diragukan kemampuannya, ternyata bermain imbang 1-1 saat menghadapi Ekuador dalam laga pertama Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11) malam.

Bahkan, Timnas Indonesia U-17 sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh striker Arkhan Kaka di menit ke-22. Namun  Ekuador kemudian menyamakan kedudukan 1-1 berkat gol Allen Obando pada menit ke-28.

Setelah itu, Ekuador sempat mencetak gol kedua ke gawang Timnas Indonesia U-17 pada menit ke-45 melalui Jair Collahuazo. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena Allen Obando sudah lebih dulu berada di posisi offside. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Timnas Indonesia U-17 lantas mendapat gempuran serangan dari Ekuador pada babak kedua. Berulangkali gawang Indonesia terancam. Salah satu ancaman datang dari Michael Bermudez yang beruntung masih bisa diamankan kiper Ikram Al Giffari.

Sampai menjelang laga berakhir, Ekuador masih terus gencar melakukan serangan ke gawang Timnas Indonesia U-17. Beruntung, pertahanan Indonesia tidak tergoyahkan.

Timnas U-17 Indonesia saat menghadapi Ekuador di laga perdana Piala Dunia U-17 2023, Jumat (10/11). (Foto:Doc.LOC WCU17/NFL)

Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti mensyukuri hasil yang diraih oleh timnya. Keberhasilan meraih satu poin akan jadi modal berharga untuk bisa mendulang poin lagi di Grup A.

“Alhamdulillah bisa 1-1 dan ini hasil kerja keras pemain, walaupun terasa berat. Kami punya waktu dua hari istirahat setelah ini dan semoga itu bisa membuat kondisi pemain lebih baik lagi,” kata Bima Sakti usai pertandingan.

Hasil imbang itu menjadikan Indonesia meraih poin perdana di Piala Dunia kelompok usia. Sebelumnya saat ambil bagian di Piala Dunia U-20 pada 1979 di Jepang, Indonesia tak sekalipun mendapatkan poin alias selalu kalah.

Secara terpisah, pelatih Ekuador U-17 Diego Martinez menyebutkan bahwa timnya kesulitan menghadapi pertahanan solid Timnas Indonesia U-17.

“Ini pertandingan yang sulit, kami ingin menang dan mendapatkan tiga poin. Tapi, Indonesia juga menunjukkan pertandingan yang baik dengan pertahanan efektif dan berjalan bagus. Saya pikir kami punya situasi yang menyulitkan kami mencetak gol,” kata Diego Martinez.

“Cuaca tidak jadi masalah buat kami. Tapi, pemain kami datang dengan cuaca panas di sini yang mirip di Surabaya. Ini tidak ada masalah buat kami,” imbuhnya.

Hasil imbang pada Hari Pahlawan Nasional ini membuat Timnas Indonesia U-17 kini berada di urutan kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 dengan nilai satu. Puncak klasemen sementara dihuni Maroko dengan tiga angka setelah mengalahkan Panama dengan skor 2-0. (Dwi Arifin)

Klasemen Sementara Grup A
1 Maroko     1 1 0 0 2-0 3
2 Indonesia 1 0 1 0 1-1 1
3 Ekuador 1 0 1 0 1-1 1
4 Panama 1 0 0 1 0-2 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *