Pele Meninggal Dunia Setelah Empat Tahun Melawan Kanker

waktu baca 2 menit
Legenda sepak bola Brasil Pele semasa hidupnya. (Foto: Reuters)

SAO PAULO-KEMPALAN: Natal tahun ini jadi Natal terakhir legenda sepak bola Brasil, Pele. Sebab, hanya berselang dua hari setelah Natal, Pele menghembuskan nafas terakhirnya. Pele meninggal dunia di usia 82 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker yang dideritanya.

Pele meninggal dunia di Rumah Sakit Israelita Albert Einstein pada pukul  15.27 waktu Sao Paulo. Melalui pernyataan resminya, pihak rumah sakit mengonfirmasi bahwa pemilik nama lengkap Edson Arantes do Nascimento tersebut meninggal karena kanker komplikasi sebagai efek dari kanker usus besar yang dia derita.

Akun Instagram resmi milik pemain yang mengantarkan timnas Brasil juara dunia tiga kali tersebut telah mengabarkan kabar duka tersebut.

’’Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Pele sang raja yang meninggal dengan damai hari ini. Dalam perjalanannya, Edson sudah memikat banyak orang dengan kejeniusannya dalam olahraga, menyetop perang, melakukan kerja sosial ke seluruh penjuru dunia, dan menyebarkan apa yang dia yakini sebagai obat untuk semua masalah: cinta. Pesan hidupnya jadi warisan bagi generasi mendatang. Cinta, cinta, dan cinta, selamanya,’’ tulis akun Instagram Pele.

Kali pertama diketahui mengidap penyakit kanker pada 2018, Pele menjalani operasi usus besar di bulan September 2021. Sejak itu, dia beberapa kali menjalani kemoterapi. Pada awal 2022, metastasis mulai terdeteksi di usus, paru-paru, dan hati.

Natal kali ini pun Pele tidak dibolehkan merayakan Natal di kediamannya setelah pihak rumah sakit telah mendeteksi adanya disfungsi ginjal dan jantung dalam tubuh Pele. Sehingga Pele membutuhkan banyak perawatan di rumah sakit.

Kely dan Edinho Nascimento, anak-anak Pele, memposting foto-foto dalam beberapa hari terakhir saat-saat terakhir bersama sang ayah di kamar rumah sakit. Pele pun dikelilingi anak dan cucuknya pada saat terakhirnya. ’’Semua yang kami miliki adalah berkat Anda. Kami mencintaimu tanpa batas. Beristirahatlah dengan tenang,’’ tulis putri Pele dalam unggahan Instagram-nya. Tulisan yang mengakhiri optimisme keluarga Pele setelah sebelumnya sempat stabil kondisinya. Ya, Pele sudah berhenti berlari, legenda itu sudah tiada. Rest in Peace, Pele. (Yunita Mega Pratiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *