Indonesia vs Brunei, Tim Garuda Menang Telak 7-0

waktu baca 2 menit
Trofi AFF (*)

MALAYSIA-KEMPALAN: Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan telak 7-0 saat berhadapan dengan Brunei Darussalam di lanjutan babak fase grup Piala AFF 2022.

Laga Indonesia melawan Brunei Darussalam tersaji di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, pada Senin (26/12) malam WIB.

Timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal babak pertama. Beberapa peluang mampu diciptakan Tim Garuda pada sepuluh menit pertama pertandingan, namun tak ada yang berbuah gol.

Terus menekan, Indonesia akhirnya bisa menjebol gawang Brunei pada menit ke-20. Gol pertama Tim Garuda dicetak oleh Syahrian Abimanyu.

Menerima bola dari sisi kiri, Ilija Spasojevic kemudian mengoper kepada Syahrian, yang langsung meneruskan bola dengan sepakan keras ke arah gawang. Gol, bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gagal diantisipasi Haimie Nyaring. Indonesia unggul 1-0.

Unggul satu gol, tak membuat Indonesia menurunkan intensitas serangan. Tim Garuda nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-28. Sayangnya, Dendy Sulistyawan yang menerima umpan crossing dari Edo Febriansah malah gagal mengarahkan tendangan ke gawang.

Indonesia kembali mengancam di menit ke-30. Saddil Ramdani, yang merangsek ke kotak penalti, melepaskan tembakan dari jarak dekat. Namun, bolanya masih bisa dihalau kiper Brunei.

Petaka untuk Brunei Darussalam, pada menit ke-38 mereka harus bermain dengan 10 orang karena Alinur Jufri diusir keluar lapangan oleh wasit usai menerima kartu kuning keduanya karena melanggar keras Saddil Ramdani.

Indonesia akhirnya mampu menggandakan keunggulan di menit ke-41. Gol dicetak Dendy Sulistyawan. Gol lahir dari crossing Asnawi yang berhasil bisa disontek oleh Saddil Ramdani, bola kemudian disambar Dendy yang berada di mulut gawang. Gol, skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia tetap bermain menekan untuk mencari gol tambahan. Hasilnya anak asuhnya Shin Tae-yong berhasil mencetak lima gol selama 45 menit kedua.

Gol Pertama dicetak oleh Egy Maulana Vikri pada menit ke-59. Gol dicetak Egy lewat sundulannya yang meneruskan umpan Edo. Indonesia pun unggul 3-0.

Berselang satu menit, Tim Garuda sudah mampu menambah gol lagi. Memanfaatkan umpan Asnawi, Spasojevic kemudian berhasil menjebol gawang Brunei lewat tembakan kaki kanannya.

Tim Garuda kembali menambah gol di menit ke-68. Gol kelima Indonesia dicetak oleh Ramadhan Sananta, yang masuk menggantikan Spasojevic.

Belum puas, Indonesia menambah gol lagi di menit ke-86. Marc Klok, yang baru masuk, langsung mencatatkan namanya di papan skor usai sukses mencetak gol dengan meneruskan umpan Yakob Sayuri.

Yakob Sayuri kemudian menutup pesta gol Indonesia lewat satu golnya di masa injury time babak kedua. Tak ada tambahan gol hingga peluit panjang berbunyi. Skor 7-0 untuk kemenangan Indonesia menjadi hasil akhir pertandingan.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *