Dato Anwar

waktu baca 6 menit
Foto: rri.co.id

KEMPALAN: DUA hal fenomenal terjadi pekan ini dan menjadi perbincangan luas di dunia internasional. Dua hal itu disebut-sebut sebagai indikasi kebangkitan Asia. Satu adalah pelaksanaan Piala Dunia di Qatar. Satunya terpilihnya Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri Malaysia.

Piala Dunia di Qatar, tak pelak, menjadi perbincangan paling panas beberapa hari terakhir. Bukan saja karena terjadi kejutan tumbangnya Argentina dan Jerman pada pertandingan pertama, tetapi juga ramainya isu politik yang menyampuri urusan sepak bola.

Argentina secara mengejutkan takluk dari Arab Saudi 1-2. Sungguh sulit diterima akal. Tim sekelas Argentina yang bertabur superstar bisa kalah dari tim gurun sekelas Arab Saudi. Biasanya pelatih sepak bola pusing memilih pemain yang bagus untuk sebuah pertandingan, karena stok pemain terbatas. Tapi, pelatih Argentina harusnya bingung memilih pemain karena stok pemain bagus berlebihan.

BACA JUGA: Samurai Biru

Leonel Messi dan kawan-kawan menjadi salah satu hot favourite untuk memenangkan Piala Dunia kali ini. Argentina dua kali menjadi juara, pada 1978 dan 1986, dan sangat ingin menambah gelar lagi untuk mengejar ketertinggalan dari Brazil, tetangga sekaligus musuh bebuyutan, yang sudah 5 kali juara dunia. Messi juga menggantungkan mimpi terakhirnya untuk bisa membawa Argentina menjadi juara dunia sebelum pensiun.

Tapi jalan Argentina menjadi terjal karena kalah pada pertandingan pertama. Kalah adalah hal biasa. Tapi kalah dari Arab Saudi membawa aib yang mempermalukan reputasi Argentina. Kekalahan ini bisa memengaruhi mental pemain Argentina pada dua pertandingan lanjutan grup melawan Polandia dan Meksiko. Kalau hilang konsentrasi, tidak mustahil, Argentina harus angkat kaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *