Menu

Mode Gelap

Kempalantek · 21 Nov 2022 18:22 WIB ·

Pameran Karya Mahasiswa UK Petra dan Silpakorn University-Thailand Hasilkan Karya Apik Arsitektur


					Jeannie Claudia (kiri) dan Cathleen Hendrata (kanan) saat melihat maket di Gallery gedung Q kampus UK Petra Perbesar

Jeannie Claudia (kiri) dan Cathleen Hendrata (kanan) saat melihat maket di Gallery gedung Q kampus UK Petra

Surabaya-KEMPALAN: “Projecting Cities; Bangkok and Surabaya”, itulah tajuk pameran bersama antara mahasiswa Architecture UK Petra-Indonesia dengan mahasiswa Silpakorn University-Thailand. Pameran mulai digelar tanggal 17 November-01 Desember 2022 itu akan digelar di gedung Q kampus UK Petra jalan Siwalankerto 121-131, Surabaya mulai jam 09.00-15.00 WIB.

“Para mahasiswa dua negara ini mulai mengerjakan proyek bersama selama satu semester gasal 2022/2023. Fokusnya mengangkat mengenai revitalisasi kawasan Pecinan di kota Bangkok dan Surabaya.”, ungkap Rully Damayanti, Ph.D., selaku dosen UK Petra penanggung jawab acara.

Angelina Cathleen Hendrata (kiri), David Yudibrata (tengah) dan Aprila Pallas (kanan) saat melihat maket do Gallery Gedung Q UK Petra

Rully menambahkan kelas diadakan secara online maupun onsite, yang dibagi menjadi empat kelompok dimana mahasiswanya dicampur menjadi satu. “Jadi para mahasiswa beda negara ini diminta merencanakan dan mendesain bagian dari kawasan tua baik di Surabaya dan Bangkok seluas kurang lebih 30 hektar.”, rinci Rully.

Studio kolaborasi ini ditutup dengan pameran yang akan menampilkan 14 desain kawasan dalam bentuk maket dan gambar. Untuk kawasan Pecinan kota Bangkok, yang menjadi targetnya adalah Talad Noi.

Ini merupakan kawasan budaya yang bersejarah bagi penduduk keturunan China. Menggeliat kembali setelah menjadi area perdagangan dan fasilitas kreatif bagi turis. Desain para mahasiswa cukup beragam, yang jelas mereka tetap mempertahankan karakter asli kawasan Pecinan serta menambahkan potensi aktifitas industri kreatif.

Ing Julita, S.Ars, M.Ars sebagai tutor bersama Bryan wijaya, mahasiswa Architecture UK Petra menunjukkan karya bertajuk Chinese business complex dengan konsep the future of our past.

Misalnya dengan manambahkan fasilitas kegiatan seni seperti galery, cafe tematik, hotel butik, taman budaya, dan lain-lain. Menggunakan metode infill design yaitu pengembangan yang tidak menghancurkan.

Sementara itu yang menjadi target di Surabaya adalah Kembang Jepun. Para mahasiswa tetap menjaga bangunan cagar budaya dan tak lupa mengkombinasikan dengan bangunan dengan aktifitas yang lebih modern. Tujuannya agar kawasan tersebut lebih hidup dan tidak menjadi kawasan mati saat malam hari.

Strateginya mengangkat karakter budaya Pecinan seperti bentuk atap, masa bangunan dan langgam arsitektur. Dilengkapi fasilitas seperti museum, co-working space, dan pasar modern.

Di UK Petra ini masuk dalam mata kuliah Studio Merancang 7 untuk mahasiswa semester 7. Sementara itu di Silpakorn University ini merupakan kelas studio desain bagi mahasiswa tahun ke-5. Kolaborasi ini menjadi pengalaman pertama dan menyenangkan.

“Ini menjadi tantangan yang sangat menarik bagi kami. Tak hanya belajar budaya masing-masing untuk membuat proyek Arsitektur saja akan tetapi juga belajar budaya kerja studio masing-masing negara. Kolaborasi ini merupakan inspirasi besar dan kami siap melanjutkan kerja sama lebih lanjut.”, kata Apiradee Kasemsook, Ph.D., selaku dosen pengampu dari Silpakorn University, Bangkok. (Ajeng Dyah Puspitasari)

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Kominfo Lakukan Analog Switch-Off, Dosen Teknik Elektro Ubaya Jelaskan Untung Rugi dan Peluangnya terhadap 5G

22 November 2022 - 17:43 WIB

Ubaya Launching Sistem Jamoe-DB, Ciptakan Transformasi Bisnis Digital Herbal

19 November 2022 - 19:49 WIB

Jawab Tantangan Zaman, UK Petra Resmikan Laboratorium Prototype Smart Home Berbasis IoT

10 November 2022 - 17:00 WIB

Gelar Seminar Teknologi, Dosen Teknik Informatika Ubaya Beri Penjelasan Human Computer Interaction

6 November 2022 - 15:21 WIB

Ratusan Siswa SMA se-Jatim dan Indonesia Timur Ikuti Seminar XR Technology Ubaya

3 November 2022 - 16:37 WIB

Konvoi 1.300 Kendaraan Listrik dalam Peringatan Hari Listrik Nasional Jatim Pecahkan Rekor MURI, Gubernur Khofifah: Wujud Komitmen Dukung Net Zero Emision 2060

29 Oktober 2022 - 18:13 WIB

Trending di Kempalantek