Menu

Mode Gelap

kempalanmanca · 11 Okt 2022 13:39 WIB ·

Anies Berharap Kolaborasi dengan Stakeholder Internasional Dilanjutkan


					Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria saat menghadiri Jakarta International Collaboration Reception di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta, Senin malam, 10 Oktober 2022. (Foto: dok. Pemprov DKI) Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria saat menghadiri Jakarta International Collaboration Reception di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta, Senin malam, 10 Oktober 2022. (Foto: dok. Pemprov DKI)

JAKARTA–KEMPALAN: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan selama ini Pemprov DKI dengan perwakilan Kedutaan Besar negara-negara sahabat di Jakarta telah membangun kolaborasi yang sangat baik dengan para stakeholder internasional.

“Kami berjumpa dengan masyarakat internasional Jakarta untuk mengikat kuat silaturahmi kita,” kata Anies dalam kegiatan Jakarta International Collaboration Reception di Museum Seni Rupa dan Keramik, Kota Tua Jakarta, Jakarta Barat, Senin malam, 10 Oktober 2022.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria serta seluruh Duta Besar maupun perwakilan Kedutaan Besar negara-negara yang berkantor di Jakarta.

Anies menyampaikan bahwa banyak program Pemprov DKI yang mencontoh sistem di negara lain, bahkan Pemprov DKI berkolaborasi dengan negara-negara lain dan kemudian diadaptasikan untuk disesuaikan di Jakarta.

“Bukan diadopsi, tapi diadaptasi. Kalau diadopsi itu kan kami terapkan, kalau diadaptasi itu artinya kita lihat masalah kita, apa yang kita bisa, kita pakai. Kalau yang tidak bisa, ya enggak dipakai. Jadi tidak copy paste,” terang Anies.

Anies mengajak jajaran di Pemprov DKI Jakarta untuk melanjutkan, bahkan meningkatkan kolaborasi dengan masyarakat dunia di Jakarta. Apalagi Jakarta adalah kota yang memiliki ‘think tank’ atau organisasi yang menghasilkan penelitian berorientasi pada kebijakan tentang isu domestik internasional terbanyak di Indonesia.

“Nah, saya ajak jajaran dari awal saya bertugas dengan pesan, tidak ada kota lain di Indonesia yang punya lembaga internasional sebanyak Jakarta, yang punya think tank dan Lembaga Development Internasional sebanyak Jakarta, semua berpusat di sini. Sayang sekali kalau mereka ini tidak dijadikan partner karena mereka bisa membantu kita dalam banyak hal. Itulah sebabnya kita bermitra selama lima tahun ini,” beber Anies.

Anies pun menyampaikan kepada para perwakilan negara-negara sahabat untuk terus menjaga kolaborasi dengan DKI Jakarta siapa pun pemimpinnya. “Kehadiran warga internasional dalam kolaborasi pembagunan DKI Jakarta pun memiliki banyak manfaat,” kata Anies.

Anies menilai selain membangun persahabatan, secara tidak langsung mereka dapat menjadi ambasador bagi DKI Jakarta. “Mereka menceritakan apa yang ada di Jakarta, kemajuan di Jakarta sehingga kita bisa menarik lebih lama lagi kolaborasi internasional di Jakarta,” ujarnya.

Anies berharap, nantinya Penjabat (Pj) DKI Jakarta dan gubernur selanjutnya juga dapat menjaga kolaborasi ini. Sebab, kerja sama internasional ini saling menguntungkan, ibarat simbiosis mutualisme.

Berbagai program kolaborasi Pemprov DKI dengan para kolaborator internasional, di antaranya penanganan Covid1-9, penataan kampung, transformasi transportasi umum, dan masih banyak lagi. “Itu lah sebabnya kita bermitra selama lima tahun ini dan malam ini kami pamit. Saya sampaikan kepada mereka supaya kemitraan kita jalan terus,” kata Anies yang pada 16 Oktober depan mengakhiri masa jabatannya.

Anies serta Ahmad Riza Patria melakukan perpisahan dengan para perwakilan negara-negara sahabat yang berpartisipasi dalam kolaborasi pembagunan Ibu Kota menjelang berakhirnya masa kepemimpinan di Jakarta.

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Tetap Lawan Junta Militer, Pemerintah Sipil Tandingan Myanmar Buka Kantor di Amerika Serikat

19 November 2022 - 11:09 WIB

Majelis Ulama Filipina Harap Indonesia Salurkan Makanan Halal

15 November 2022 - 09:17 WIB

Presidensi P20 RI Hasilkan Chair’s Summary, Puan: Komitmen untuk Dunia yang Lebih Baik

7 Oktober 2022 - 20:15 WIB

Bicara Kesetaraan Gender di P20, Puan Tekankan Pentingnya Akses Pendidikan bagi Perempuan

7 Oktober 2022 - 14:36 WIB

Yuddy Chrisnandi, Dubes RI untuk Ukraina (2017-2021) Terima Penghargaan dari Presiden Ukraina

7 Oktober 2022 - 03:15 WIB

Bertemu Ketua Parlemen Belanda, Puan Singgung Kritik Terhadap Persoalan Papua

6 Oktober 2022 - 19:52 WIB

Trending di kempalanmanca