Menu

Mode Gelap

kempalansport · 13 Mei 2022 05:34 WIB ·

Suzuki Undur Diri dari MotoGP


					Dua pebalap Team Suzuki Ecstar Alex Rins dan Joan Mir. (Foto: Suzuki) Perbesar

Dua pebalap Team Suzuki Ecstar Alex Rins dan Joan Mir. (Foto: Suzuki)

MILAN-KEMPALAN: Kebersamaan Suzuki dalam ajang MotoGP cukup berlangsung dalam dua dekade saja. Sebab, pada MotoGP musim depan tidak ada lagi nama Suzuki dalam daftar konstruktor MotoGP.

Musim ini jadi musim terakhir pabrikan otomotif asal Jepang tersebut mendukung pebalap-pebalap MotoGP bersaing di atas lintasan balap. Kepastian tersebut semakin nyata ketika tim yang bermarkas di Milan, Italia, tersebut mengeluarkan pernyataan resminya, Kamis (12/5).

Suzuki Motor Corporation menyebut keputusan ini diambil setelah berkomunikasi dengan pihak Dorna Sports sebagai penyelenggara seri balapan MotoGP. Faktor ekonomi disebut sebagai alasan di balik keputusan Suzuki tersebut.

BACA JUGA: Hati-Hati Yamaha, Honda, dan Ducati, Musim Ini Bisa jadi Milik Suzuki

“Situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk memusatkan upaya pada perubahan besar yang dihadapi dunia Otomotif pada tahun-tahun ini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru,” sebut Suzuki.

“Terima kasih kepada Tim Suzuki Ecstar, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami,” lanjut Suzuki.

Suzuki Ecstar jadi tim naungan Suzuki yang terlama dan tersukses dalam ajang MotoGP. Total, Suzuki Ecstar sudah tujuh musim bersaing dalam ajang MotoGP sejak musim 2015. Selain itu, dalam format MotoGP, Suzuki Ecstar juga sekali mempersembahkan gelar juara dunia pada musim 2020, yaitu Joan Mir.

“Aku kesal atas keputusan yang sudah diambil Suzuki,” ungkap Mir. Maklum, bagi Mir, Suzuki adalah tim yang spesial dalam perjalanan karirnya sebagai pebalap MotoGP. Suzuki yang memberinya kesempatan debut dalam MotoGP pada musim 2019.

“Tim ini sangat hebat, ini adalah salah satu tim yang spesial di paddock. Orang-orang yang bekerja di sini membuatnya sangat spesial,” sambung pebalap yang berkebangsaan Spanyol tersebut. Ekspresi senada juga diungkapkan Alex Rins.

“Ini (keputusan mundur Suzuki) sangat sulit diterima. Aku menangis. Aku memberikan segalanya untuk tim ini sejak 2017, mencoba memberikan banyak informasi untuk memiliki motor yang kompetitif dan unggul,” kenang Rins. (Motorsport, Yunita Mega Pratiwi)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Thailand atau Malaysia? Ketua Umum PSSI: Siapapun Lawannya Harus Dikalahkan

16 Mei 2022 - 10:24 WIB

Desain 2010 dan 2018 JIS itu Beda, Keduanya Rancangan Kami

16 Mei 2022 - 08:16 WIB

Juara Thomas Cup, India Catatkan Rekor Baru

15 Mei 2022 - 22:07 WIB

Inilah Tim-tim yang Lolos ke Final Porprov VII Jatim 2022 di Bondowoso, Jember, Lumajang dan Situbondo

15 Mei 2022 - 15:27 WIB

Mahasiswa Hukum UBAYA Seraf Naro Siregar Raih Emas SEA Games 2021, Rektor UBAYA Ucapkan Selamat

15 Mei 2022 - 13:06 WIB

Ratusan Pembalap Sepeda Ramaikan Suroboyo Race 2022

15 Mei 2022 - 12:52 WIB

Trending di kempalansport