Menu

Mode Gelap

kempalanggun · 4 Mei 2022 17:17 WIB ·

Wisata Perahu Kalimas Surabaya Jadi Primadona Wisatawan di Libur Lebaran Idul Fitri


					Tak perlu bingung menikmati libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Kota Surabaya, ada banyak pilihan tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Mulai dari taman, museum, Alun-alun Suroboyo, Kebun Binatang Surabaya (KBS) hingga Wisata Perahu Kalimas. Perbesar

Tak perlu bingung menikmati libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Kota Surabaya, ada banyak pilihan tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Mulai dari taman, museum, Alun-alun Suroboyo, Kebun Binatang Surabaya (KBS) hingga Wisata Perahu Kalimas.

SURABAYA-KEMPALAN: Tak perlu bingung menikmati libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah di Kota Surabaya, ada banyak pilihan tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Mulai dari taman, museum, Alun-alun Suroboyo, Kebun Binatang Surabaya (KBS) hingga Wisata Perahu Kalimas.

Dari sekian banyak tempat hiburan yang ada, Wisata Perahu Kalimas menjadi salah satu primadonanya. Sejak Ramadan bulan April 2020 lalu, Wisata Perahu Kalimas menjadi incaran pengunjung di saat sore hari sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata THP Kenjeran Rusdi Ismet mengatakan, rata-rata per hari pada Ramadan kemarin jumlah kunjungan mencapai 100 – 125 wisatawan di hari Senin – Jumat. Sedangkan di hari Sabtu – Minggu per hari bisa sampai 200 – 260 pengunjung.

“Waktu Ramadan kemarin tidak seramai di Hari Raya Idul Fitri. Di lebaran kedua kemarin mulai tanggal 3 Mei 2022 ada peningkatan, sekitar 230 per hari itu terbagi di setiap sesinya dari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB, jadi nggak numpuk di satu sesi saja,” kata Rusdi, Rabu (4/5/2022).

Di musim libur lebaran kali ini juga ada penambahan kuota tiket Wisata Perahu Kalimas, yang sebelumnya per sesi hanya disediakan 48 tiket, per 29 April 2022 per sesi ada penambahan menjadi 120 tiket. “Hari ini saja sudah ada 456 tiket yang dibooking. Jadi yang melakukan pembelian tiket online 430 yang 26 pemesanan offline,” ujar Rusdi.

Pemesanan tiketnya cukup mudah, warga bisa mengakses link website http://tiketwisata.surabaya.go.id/, setelah dibuka pengunjung diminta untuk memilih tujuan wisata terlebih dahulu. Di dalam pilihan tujuan wisata terdapat dua rute Perahu Kalimas, yang pertama Taman Prestasi – Taman Ekspresi – Taman Prestasi dan yang kedua Taman Prestasi – Monumen Kapal Selam (Monkasel) – Taman Prestasi.

Selanjutnya akan diarahkan untuk memilih tanggal, lalu jam kunjungan yang terdiri dari 15 sesi, mulai dari pukul 08.00 WIB – 19.00 WIB. “Setiap perahu, per sesi bisa mengangkut 10 – 12 orang, sedangkan total perahunya ada 7 unit, kita gunakan secara bergilir setiap sesi. Misal satu kita istirahatkan kemudian dibersihkan, sisanya lagi kita operasikan,” jelasnya.

Untuk harga tiketnya pun cukup murah, hanya dengan membayar Rp 4000 ribu pengunjung sudah bisa menikmati suasana seperti di Amsterdam, Belanda. Terlebih ketika sore menjelang malam hari, suasana akan terasa berbeda karena terdapat pernak-pernik lampu yang menghiasi di sepanjang rute Wisata Perahu Kalimas.

“Jadi tidak kalah dengan yang ada di luar negeri, pengunjung bisa berfoto sembari menikmati suasana Kota Surabaya. Dari segi keamanan kami sangat safety, karena kami juga sediakan pelampung. Yang paling penting lagi, kami imbau masyarakat untuk tidak lupa menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama berkunjung agar terhindar dari paparan virus dan penyakit lainnya,” pungkasnya. (*)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ganjar Terima Kunjungan Keuskupan Semarang dan Tokoh Perwakilan Berbagai Agama serta Penghayat Kepercayaan

18 Mei 2022 - 19:10 WIB

Bersama Kader Banteng, Adi Sutarwijono Takziah Ke Keluarga Korban Laka Tol Sumo

18 Mei 2022 - 05:31 WIB

Peresmian SLB Negeri 1 Jepara Disambut Gembira Para Ortu Anak Disabilitas

18 Mei 2022 - 05:27 WIB

Ganjar Serahkan Bantuan dan Minta Sekolah Al Azhar 30 Salatiga Menerima Siswa Disabilitas

17 Mei 2022 - 16:34 WIB

Pendeta Gilbert: Berbincang dengan Orang Hebat, Pikiran Kita Jadi Hebat

17 Mei 2022 - 16:28 WIB

Wakil Walikota Surabaya Armuji Ajak Warga Semarakkan HJKS 729

17 Mei 2022 - 15:01 WIB

Trending di kempalanggun