Menu

Mode Gelap

kempalanggun · 1 Mei 2022 07:40 WIB ·

Ketua Relawan Anies P-24 Surabaya Bagikan Zakat Mal kepada Ribuan Warga Madura


					Ketua Relawan Anies P-24 Surabaya, H. Suli bersama ribuan warga Madura dalam pembagian zakat mal Jumat, 29 April 2022. (Foto: Tangkapan layar) Perbesar

Ketua Relawan Anies P-24 Surabaya, H. Suli bersama ribuan warga Madura dalam pembagian zakat mal Jumat, 29 April 2022. (Foto: Tangkapan layar)

SAMPANG–KEMPALAN: Ribuan warga di Desa Madulang, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, berkumpul Jumat siang, 29 April 2022. Mereka menyemut mengerubungi Ketua Relawan Anies P-24 DPD Surabaya H. Suli.

Tempat yang tampak di halaman terbuka di sela-sela rumah penduduk tersebut, H. Suli berdiri didampingi KH Eklil, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum yang beralamat di desa tersebut.

Tokoh relawan Anies Surabaya yang akrab disapa Haji Suli ini rupanya mempunyai hajatan siang itu. Dia membagikan zakat mal kepada ribuan warga yang hadir.

“Alhamdulillah hari ini kami menemui relawan Anies di Desa Madulang. Kami membagikan zakat mal kepada relawan Anies,” ucapnya seperti terlihat dalam video yang diterima KBA News Sabtu, 30 April 2022.

Haji Suli yang tampak berbaju putih dan celana jeans biru lalu memberikan goody bag kepada Kiai Eklil. Mereka kemudian bersama-sama membagikan uang kepada warga yang hadir mulai dari anak-anak hingga kakek-kakek, laki-laki dan perempuan.

Tampak juga mereka membentangkan beberapa spanduk DPD Relawan Anies P-24 Surabaya. Spanduk bergambar Anies serta ketua dan sekretaris Relawan Anies P-24 Surabaya tersebut bertuliskan “Selamat Hari Raya Idul Fitri.”

Setelah selesai pembagian zakat, pengusaha besi tua yang memang tokoh Madura dari daerah tersebut kembali berbicara kepada khalayak, yang umumnya petani.

“Alhamdulillah telah selesai pembagian zakat mal dari kami Relawan Anies P-24 Surabaya. Semoga Pak Anies 2024 menjadi presiden. Aamiin,” katanya.

Saat menyampaikan sambutan tersebut, dia masih tampak merogoh lagi goody bag-nya lalu memberikan uang kepada pria sepuh yang datang menghampirinya.

Setelah itu, Kiai Eklil kemudian angkat bicara.

“Saya pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Madulang, Kecamatan Omben, Sampang, mendoakan Pak Anies semoga sukses 2024. Aamiin,” ungkap kiai dengan mengenakan kopiah putih kemeja kuning kunyit dan sarung berwana coklat ini.

Sejurus kemudian, dengan berulang-ulang, Haji Suli meneriakkan yel-yel Anies 2024. “Presiden,” jawab warga serentak.

Dia menjelaskan tempat pelakanaan kegiatan pembagian zakat tersebut adalah di halaman rumahnya. “Di halaman rumah saya dulu. Cuman saya jarang ke Madura. Setahun sekali. Ditempati keponakan. Dekat dari pesantren,” ujarnya.

Dalam pembagian zakat tersebut, Haji Suli menyiapkan Rp160-an juta. Dia bersyukur semua warga kebagian. Walaupun tidak dibagi secara rata. Bergantung kepada usia. “Kemarin sisa enam jutaan,” paparnya.

Haji Suli kembali menegaskan bahwa dia tidak hanya bergerak di Surabaya untuk memenangkan Anies Baswedan. Tapi juga di Jawa Timur, bahkan di berbagai daerah lainnya.

“Kita dukung lillahi ta’ala. Yang penting prinsipnya, kalau kita berbuat baik, membantu orang yang kurang mampu, mengeluarkan zakat, Allah pasti akan ganti. Entah darimana, kita tidak tahu. Yang jelas Allah Maha Adil,” ucapnya.

Karena itu pula, tokoh yang juga kerap disapa Abah Suli ini membantu pesantren Miftahul Ulum yang sedang direnovasi. “(Kami) tanggung semen dan keramiknya. Hampir selesai,” demikian Haji Suli. (kba)

Editor: Freddy Mutiara

 

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Pesan Waisak: Dalam Cinta Kasih Semua Bersaudara

17 Mei 2022 - 08:05 WIB

Temu Kader Banteng, Ketua PDIP Surabaya: Kuatkan Soliditas, Terus Bergerak Melayani Rakyat!

17 Mei 2022 - 06:31 WIB

Ketua DPD Walubi: Tingginya Toleransi di Jakarta, Ikhtiar Nyata Gubernur Anies

16 Mei 2022 - 19:53 WIB

Gubernur Jateng Melepas Parade Waisak yang Tahun Ini Bisa Digelar Meriah

16 Mei 2022 - 14:35 WIB

Hari Raya Waisak, PDIP Surabaya: Perkuat Tekad Tebar Kebaikan di Kota Pahlawan

16 Mei 2022 - 12:21 WIB

Wali Kota Eri Cahyadi Diangkat sebagai Warga Kehormatan Maluku

16 Mei 2022 - 07:18 WIB

Trending di kempalanggun