Menu

Mode Gelap

kempalanggun · 22 Apr 2022 09:18 WIB ·

Penyandang Disabilitas Bersyukur Selalu Dilibatkan Anies Menata Jakarta


					Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berfoto bersama perwakilan penyandang disabilitas saat acara soft launching Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 19 April 2022. Perbesar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berfoto bersama perwakilan penyandang disabilitas saat acara soft launching Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 19 April 2022.

JAKARTA–KEMPALAN: Menjadikan Ibu Kota Jakarta ramah disabilitas merupakan salah satu janji kampanye Anies Baswedan pada pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu.

Untuk mewujudkan janji tersebut, Anies terus bebenah diri dan fokus pada fasilitas infrastruktur keras seperti jalan, gedung, dan alat transportasi serta infrastruktur lunak seperti kesetaraan dan kesempatan belajar maupun berusaha.

Dalam pembangunannya Gubernur Anies selalu melibatkan warga Jakarta yang berkebutuhan khusus untuk memberikan saran dan kritik guna menyediakan fasilitas yang nyaman bagi semua termasuk untuk para penyandang disabilitas.

Hal ini dirasakan Muhammad Suban, salah seorang perwakilan National Paralympic Commitee (NPC).

Ia merasa bersyukur selalu diikut sertakan dalam proses pembangunan Kota Jakarta. Seperti peresmian Moda Raya Terpadu (MRT) dan baru-baru ini soft launching Jakarta International Stadium (JIS).

“Dengan kita selalu dilibatkan dalam proses pembangunan sarana dan prasarana, mudah-mudahan bisa berjalan lancar. Puas lah kita,” kata Suban kepada KBA News di sela-sela menonton final turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 dan soft launching Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasasa, 19 April 2022.

Suban mengatakan, Gubernur Anies adalah sosok yang sangat peduli dengan penyandang disabilitas. Anies juga terus berusaha untuk memberikan kenyaman dan kebahagiaan bagi setiap warganya.

“Pak Anies sudah care banget sama kita, bersyukur semua diperhatikan maju kotanya bahagia warganya,” ucapnya.

Dalam acara soft launching JIS, Suban dan beberapa perwakilan penyandang disabilitas diundang secara khusus untuk menyaksikan dan merasakan secara langsung fasilitas JIS.

“Bangga ya, seneng banget apalagi kita diundang seperti ini untuk menyaksikan stadion baru yang bertaraf internasional, puas banget kita,” ujar Suban.

Suban menjelaskan, dalam pertemuannya dengan Gubernur Anies, Anies meminta kepada perwakilan penyandang disabilitas untuk memberikan masukan bagi Anies dan jajarannya untuk kenyamanan fasilitas di JIS bagi kaum difabel.

“Kita brsyukur dengan kita diundang sebelum peresmian kita bisa kasih masukan. Pak Anies dengan senang hati, beliau dengan responnya nerima masukan kita semua,” jelasnya.

Meskipun saat ini masih dalam tahap penyelesaian, menurut Suban, fasilitas yang ada di JIS sudah akses untuk penyandang disabilitas. “Sudah akses buat kita,” ungkapnya.

Tidak berbeda dengan Suban, Aulia Amin (38) salah seorang pemain bowling kursi roda ini menilai JIS sebagai bangunan yang memberikan banyak kemudahan bagi penyandang disabilitas seperti dirinya.

Menurutnya, fasilitas bagi penyandang disabilitas di JIS tidak jauh berbeda dengan stadion internasional lain di dunia.

“Saya pernah nonton pertandingan NBA di Quicken Loans, Amerika ternyata untuk penonton disabilitas tidak jauh berbeda dengan JIS, ” pungkasnya.

Sebagai informasi, JIS memiliki fasilitas bagi penyandang disabilitas salah satunya yaitu kursi bagi penyandang disabilitas sebanyak 182 yang ada di tribun tier 1. Tidak hanya itu, JIS juga menyediakan kursi bagi para pendamping.

Nantinya, Jika ada pertandingan atau event di JIS mereka dapat dengan mudah memasuki stadion JIS. Akses masuk mereka salah satunya adalah ramp barat dan ramp timur yang terhubung dengan tribun lantai 3.

Dengan adanya fasilitas ini, JIS mewujudkan stadion untuk kita dan untuk semua kalangan. (kba)

Editor: Freddy Mutiara

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ganjar Terima Kunjungan Keuskupan Semarang dan Tokoh Perwakilan Berbagai Agama serta Penghayat Kepercayaan

18 Mei 2022 - 19:10 WIB

Bersama Kader Banteng, Adi Sutarwijono Takziah Ke Keluarga Korban Laka Tol Sumo

18 Mei 2022 - 05:31 WIB

Peresmian SLB Negeri 1 Jepara Disambut Gembira Para Ortu Anak Disabilitas

18 Mei 2022 - 05:27 WIB

Ganjar Serahkan Bantuan dan Minta Sekolah Al Azhar 30 Salatiga Menerima Siswa Disabilitas

17 Mei 2022 - 16:34 WIB

Pendeta Gilbert: Berbincang dengan Orang Hebat, Pikiran Kita Jadi Hebat

17 Mei 2022 - 16:28 WIB

Wakil Walikota Surabaya Armuji Ajak Warga Semarakkan HJKS 729

17 Mei 2022 - 15:01 WIB

Trending di kempalanggun