Ukraina Klaim Sudah Ambil Alih Kawasan Irpin, Masih Tidak Kondusif

waktu baca 1 menit
Irpin-Interfax

KYIV-KEMPALAN: Menteri Dalam Negeri Ukraina yaitu Denys Monastrysky mengatakan pada Selasa (28/3) bahwa pasukan militer Ukraina sudah berhasil “Membebaskan” daerah Irpin yang berada di Barat Kyiv dari Rusia setelah pertempuran yang berlangsung selama dua minggu lamanya.

Hingga saat ini, Rusia belum memberikan komentar terkait adanya kabar tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Irpin mengatakan bahwa situasi pada saat ini masih berbahaya meskipun sudah berhasil ambil alih kembali daerahnya.

Salah satu jurnalis AFP, melansir dari Aljazeera mengatakan bahwa situasi di Irpin memang masih sangat berbahaya karena masih terjadi bombardir serta masih banyaknya warga sipil yang berlarian untuk berlindung.

Puluhan ribu orang sudah berhasil kabur dari kota Irpin yang diperkirakan menjadi rumah bagi 60.000 orang.

“Kami melihat banyak mobil yang berencana keluar dari Irpin, namun banyak juga mobil tersebut yang dilindas oleh Tank Rusia—padahal masih ada orang di dalamnya” ucap salah satu warga yaitu Roman Molchanov.

Ia juga menambahkan bahwa banyak orang yang sedang berada di dalam mobil—namun kemudian ditembak oleh pasukan militer Rusia.

Analisis dari negara Barat mengatakan bahwa kekalahan Rusia di Irpin memiliki dampak yang sangat besar, karena telah gagal untuk mengepung Kyiv secara keseluruhan.

(Muhamad Nurilham, Aljazeera)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *