Kisah Timnas Belanda yang Akhirnya Kembali Lolos ke Piala Dunia

waktu baca 2 menit
Para pemain Belanda merayakan gol ke gawang Norwegia (Detik)

ROTTERDAM-KEMPALAN: Timnas Belanda akhirnya berhasil kembali lolos ke putaran final Piala Dunia usai menekuk Norwegia pada matchday terakhir Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Pada laga yang tersaji di Feyenoord Stadium, Rabu (17/11) dini hari WIB itu, timnas Belanda menang dengan skor 2-0. Dua gol The Orange dicetak oleh Steven Bergwijn dan Memphis Depay di 10 menit akhir jelang penutupan laga.

Belanda yang bermain menyerang sejak menit awal baru bisa memecahkan kebutuhan di menit ke-84. Gol pertama De Oranje dicetak oleh Steven Bergwijn lewat bola sepakannya yang meneruskan assist Arnaut Danjuma. Gol, Belanda unggul 1-0.

The Orange kemudian memastikan kemenangan lewat gol Memphis Depay yang dicetak di masa injury time, tepatnya pada menit ke-90+1.

Tak ada tambahan gol lagi hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-0 untuk kemenangan Belanda menjadi hasil akhir pertandingan.

Dengan tambahan tiga poin dari laga ini, Belanda akhirnya berhasil mengamankan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2022.

De Oranje lolos ke putaran final Piala Dunia sebagai juara grup G dengan raihan 23 poin, hasil dari tujuh kemenangan, dua seri, dan satu kekalahan.

Belanda unggul dua poin dari pesaing terdekatnya di grup G, Turki yang menempati peringkat kedua dengan koleksi 21 poin.

Keberhasilan Belanda lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri untuk Virgil van Dijk dkk jika mengingat bahwa The Orange sempat tak lolos ke putaran final Piala Dunia sebelumnya.

Pada tahun 2017, timnas Belanda gagal lolos ke putaran final Piala Dunia usai hanya mampu menempati peringkat ketiga pada klasemen grup A di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa.

Saat itu timnas Belanda hanya mampu mengumpulkan 19 poin, hasil dari enam kemenangan, satu hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Timnas Belanda kalah 4 poin dari timnas Prancis, yang menempati posisi puncak klasemen dan berhak lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2018.

De Oranje juga tak mendapat kesempatan untuk mencoba peruntungan di babak play-off karena kalah dari Swedia yang menempati posisi kedua di klasemen dengan koleksi poin yang sama, 19 poin, namun unggul selisih gol.

Kegagalan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, tampaknya memberi semangat lebih kepada para pemain untuk lebih bekerja ekstra di Kualifikasi Piala Dunia kali ini.

Selain itu, kembalinya Louis Van Gaal ke kursi kepelatihan tim nasional nampaknya memberi harapan baru ke Belanda.

(Google Sports, Edwin Fatahuddin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *