Menu

Mode Gelap

kempalansport · 30 Okt 2021 23:38 WIB ·

Argentina Mengenang Maradona


					Pendukung SSC Napoli yang membentangkan banner dan jersey sebagai tribute kepada Diego Armando Maradona sebelum pertandingan melawan AS Roma, 24 Oktober lalu. (Foto: Reuters) Perbesar

Pendukung SSC Napoli yang membentangkan banner dan jersey sebagai tribute kepada Diego Armando Maradona sebelum pertandingan melawan AS Roma, 24 Oktober lalu. (Foto: Reuters)

BUENOS AIRES-KEMPALAN: Ada yang istimewa dari laga-laga sepakbola di Argentina saat akhir pekan ini. Tak hanya di Argentina, begitu pula di beberapa negara yang berada di Amerika Latin.

Semuanya serba tentang legenda sepakbola Argentina, Diego Armando Maradona. Sabtu (30/10) adalah hari kelahiran pesepakbola yang dikenal dengan sebutan “Si Tangan Tuhan” itu. Makanya Federasi Sepakbola Argentina (AFA) pun menginisiasi penghormatan bagi Maradona.

’’Hari ini 61 tahun sejak kelahirannya (Maradona) kami ingin menghadirkan ingatan yang terkait tentang dia,’’ tulis AFA dalam pernyataan resminya. ’’Sebab, Diego itu akan tetap abadi,’’ lanjut AFA.

Dalam momen peringatan ini, AFA bukan hanya menggandeng semua klub profesional yang ada di Argentina. Penggemar pun juga turut dilibatkan untuk memberikan penghormatan terakhir ke Maradona.

AFA telah memberitahu kepada seluruh klub profesional di Argentina supaya ketika pemainnya turun ke lapangan mengenakan jersey dengan bergambar wajah Maradona pada bagian depannya itu.

Bukan hanya jersey, begitu pula dengan ban kapten yang dikenakan semua kapten tim pada akhir pekan ini. Semuanya diwajibkan mengenakan ban kapten berwarna biru dan putih khas bendera Argentina.

Persis seperti yang melingkar di lengan sang legenda semasa masih aktif bermain. Ban kapten ini pun khusus untuk dipakai dalam peringatan ulang tahun Maradona. Pada bagian atasnya terdapat siluet bergambar wajah Maradona.

Semua pertandingan sepakbola akhir pekan ini, baik sepakbola profesional, amatir atau laga-laga anak-anak, sudah diperintahkan untuk berhenti pada menit ke-10 dalam setiap laganya. Fans pun juga diminta bertepuk tangan selama semenit.

AFA berharap, setidaknya akan ada sekitar 1.000 pertandingan yang terpengaruh dengan tribute  ini di seluruh negara-negara di Amerika Selatan. Atau yang berada di bawah naungan Conmebol. AFA pun meminta fans ikut serta.

Caranya, mereka harus mengambil gambar menonton pertandingan dan mengunggahnya dengan memenuliskan tagar #1000PartidosPorEl10, atau artinya kira-kira: “1.000 pertandingan untuk 10,’’ sebut AFA. ’’Diego ada di hati semua orang Argentina, jangan sampai melewatkannya,’’ tambah AFA.

Jersey Argentina bernomor punggung 10 dengan nama Maradona yang diterbangkan dengan drone sebelum laga Racing kontra Defensa y Justicia di Estadio Presidente Juan Domingo Peron, Avellaneda (30/10). (Foto: Ole)

Bentrok antara Racing menantang Defensa y Justicia di Estadio Presidente Juan Domingo Peron, Avellaneda, dihiasi dengan beberapa atraksi. Seperti replika jersey nomor 10 Maradona yang dibawa terbang dengan drone ke atas stadion. Begitu pula lagu-lagu yang identik dengan Maradona, sudah direkam untuk menghormati Maradona. (Reuters, Yunita Mega Pratiwi)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Wakil Ketua KONI Kab Bandung Ajak Warga Pasang Bendera di Halaman Rumah dan Medsos

9 Desember 2021 - 12:36 WIB

Deltras atau Mitra yang Susul 7 Tim di Babak 8 Besar Liga 3

9 Desember 2021 - 12:00 WIB

Top Markotop! Persebaya Obok-obok Gawang Persib Bandung 3-0

9 Desember 2021 - 10:18 WIB

Munchen, Ajax, dan Liverpool Sempurna di Fase Grup Liga Champions

9 Desember 2021 - 08:31 WIB

Daftar Klub-klub yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

9 Desember 2021 - 07:39 WIB

Chelsea Gagal Jadi Juara Grup, Tuchel Beri Peringatan ke Pemainnya

9 Desember 2021 - 06:19 WIB

Trending di kempalansport