Menu

Mode Gelap

kempalanda · 17 Okt 2021 12:51 WIB ·

Rakyat Azerbaijan Merayakan 30 Tahun Kemerdekaan dengan Kesuksesan Besar


					Poster Peringatan 30 Tahun Kemerdekaan Republik Azerbaijan. Perbesar

Poster Peringatan 30 Tahun Kemerdekaan Republik Azerbaijan.

Vugar Aghayev (Special Representative of AZERTAC in Indonesia)

KEMPALAN: Tanggal 18 Oktober merupakan peringatan ketiga puluh tahun pemulihan kemerdekaan Republik Azerbaijan.

Kemerdekaan Azerbaijan adalah kekayaan besar dan sumber kebanggaan bagi setiap masyarakat Azerbaijan yang tinggal di berbagai belahan dunia.

Pembentukan republik demokratik sekuler pertama di dunia Timur pada tahun 1918 – Republik Demokratik Azerbaijan – adalah peristiwa bersejarah yang besar. Meskipun republik ini hanya bertahan selama 23 bulan, namun pembentukan negara Muslim pertama yang merdeka, demokratis, dan sekuler di Timur merupakan pencapaian bersejarah yang sangat penting.

Usai runtuhnya Republik Demokratik Azerbaijan, masa pemerintahan Uni Soviet dimulai di Azerbaijan. Meskipun Azerbaijan merupakan republik persatuan didalam Uni Soviet, program skala besar yang dilaksanakan oleh negarawan terkemuka, Heydar Aliyev sejak tahun 1970-an telah menciptakan kondisi pembentukan potensi ekonomi modern, kebangkitan kehidupan sosial budaya, kebangkitan nasional dan nilai-nilai spiritual. Fondasi tersebut telah diletakkan untuk kemerdekaan Azerbaijan di masa yang akan datang.

Runtuhnya Uni Soviet menjadikan Azerbaijan, sama seperti semua republik lainnya dalam Uni Soviet, mendapatkan hak untuk memperoleh kemerdekaannya. Dengan diadopsinya “Undang-Undang Konstitusi tentang Kemerdekaan Republik Azerbaijan” pada tanggal 18 Oktober 1991, Azerbaijan menyatakan dirinya sebagai penerus yang sah dari Republik Demokratik Azerbaijan dan menyerahkan kemerdekaan negaranya kepada masyarakat internasional. Bendera, lagu kebangsaan dan lambang negara Republik Demokratik Azerbaijan diadopsi sebagai atribut negara, dan hari pembentukan Azerbaijan, yakni pada tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Republik.

Kemerdekaan Azerbaijan segera diakui oleh masyarakat dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menjadi subjek hukum internasional. Namun, anarki, kekacauan dan perang di Armenia, yang dimulai pada tahun-tahun awal kemerdekaan sebagai akibat dari klaim tanah yang tidak berdasar atas wilayah Azerbaijan, mengancam kekuatan Azerbaijan di kancah internasional sebagai negara merdeka.

Kemerdekaan negara Azerbaijan segera diakui oleh masyarakat dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menjadi subjek hukum internasional. Namun, anarki, kekacauan dan perang di Armenia, yang dimulai pada tahun-tahun awal kemerdekaan sebagai akibat dari klaim tanah yang tidak berdasar atas Azerbaijan, mengancam akan memperkuat posisi Azerbaijan di arena internasional sebagai negara merdeka.

Pada tahun 1993, masyarakat Azerbaijan meminta Heydar Aliyev untuk naik ke kekuasaan politik guna menyelamatkan masyarakat Azerbaijan dari situasi yang sulit. Atas desakan rakyat, Heydar Aliyev tiba di Baku dan melakukan upaya besar untuk menyelamatkan negara dari ancaman kehancuran. Mempertahankan kemerdekaan Azerbaijan, penguatan hubungan internasional, penciptaan persatuan dunia Azerbaijan adalah salah satu jasa terbesar Heydar Aliyev kepada rakyat Azerbaijan.

Gagasan tentang negara merdeka diusung oleh Heydar Aliyev, yang sekaligus merupakan tanggung jawab besar kepemimpinan dalam sejarah Azerbaijan. Penerapan ideologi dan bagian integralnya merupakan fondasi yang mengantarkan Azerbaijan hingga saat ini, sebagai negara yang terus berkembang.

Pemimpin Nasional Heydar…

Artikel ini telah dibaca 81 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Tentang Suara

4 Desember 2021 - 12:24 WIB

Teladan Bagi Wanita Muslimah

30 November 2021 - 13:00 WIB

In Memoriam: Bens Leo, Wartawan Berpembawaan Tenang dengan Wajah Selalu Berhias Senyum

30 November 2021 - 11:18 WIB

Pada Sekerat Daging Ada Kezaliman yang Tak Termaafkan

29 November 2021 - 12:21 WIB

Keakraban yang Hilang

26 November 2021 - 09:26 WIB

Guru

25 November 2021 - 14:26 WIB

Trending di kempalanda