IMF: Inflasi Argentina Tertinggi Keempat Sedunia

waktu baca 2 menit
Halaman Awal Laporan IMF-IMF

BUENOS AIRES-KEMPALAN: Berdasarkan laporan dari IMF yang baru saja dirilis pada hari Selasa (12/10), Argentina menjadi negara dengan inflasi tertinggi keempat sedunia.

Dalam laporan yang ada, tidak disebutkan ramalan inflasi yang akan dialami oleh Argentina karena adanya beberapa negosiasi perdagangan dan negosiasi lainnya yang sedang berjalan. Hal tersebut kemungkinan besar akan memberikan dampak yang sangat signifikan sehingga IMF tidak memberikan ramalan inflasi.

“Untuk Argentina, beberapa variabel dalam fiskal dan inflasi yang ada dihilangkan secara sementara dalam publikasi ramalan tahun 2021-2026 karena Argentina sedang berada dalam banyaknya negosiasi yang masih tertunda dan diperkirakan akan sangat signifikan bagi ekonominya” ucap IMF dalam laporan yang baru rilis pada Selasa silam.

Argentina berada di peringkat empat sebagai negara dengan inflasi tertinggi setelah adanya Venezuela yang menempati peringkat pertama, lalu Sudan yang menempati peringkat kedua dan Yaman yang menjadi peringkat ketiga sebagai negara dengan tingkat inflasi tertinggi.

Proyeksi IMF untuk tahun depan mengatakan bahwa Argentina akan berada dalam keadaan yang penuh dengan kepastian karena adanya isu naiknya harga rumah, naiknya harga pangan di Argentina dan bahkan dunia hingga adanya depresiasi di beberapa sektor ekonomi. Untuk pangan sendiri, harga pangan naik secara 40% selama pandemi berlangsung.

Namun, IMF juga memberikan proyeksi pertumbuhan ekonomi Argentina dengan mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan meningkat secara 7,5% pada tahun 2021 dan naik 2,5% pada tahun 2022.

Untuk dapat membaca laporan lebih lengkap, file dapat diunduh di:

https://www.imf.org/en/Publications/WEO/Issues/2021/10/12/world-economic-outlook-october-2021

(MercoPress, Muhamad Nurilham)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *