Navalny Masuk Nominasi Penghargaan dari Uni Eropa

waktu baca 2 menit
Alexey Navalny. (DW)

MOSKOW-KEMPALAN: Navalny, musuh bebuyutan sekaligus orang yang paling ditakuti Putin mendapatkan nominasi dari Parlemen Eropa untuk penghargaan tahunan HAM. Pada saat ini, ia sedang mendekam di penjara dengan tudukan yang banyak oleh pemerintah Rusia. Semua jaringan, organisasi, gerakan hingga partainya juga dilarang dan dibredel oleh pemerintah Rusia.

Parlemen Eropa memberikan ruang dan pengakuan yang luas bagi Navalny karena ingin membangkitkan kembali pro-demokrasi di Rusia yang selama ini telah “Mati”.

“Hal ini menjadi sangat penting bagi kami (Parlemen Eropa) untuk memberikan dukungan yang tak terhingga kepada Navalny atas semua keberanian dan tanggung jawabnya” ucap Peter Van Dalem, salah satu anggota Parlemen Eropa dari Belanda.

Penghargaan yang diberi nama Sakharov Prize for Freedom of Thought, diambil dari nama Andrei Sakharov yang merupakan warga Soviet yang pemberani. Penghargaan tersebut diberikan tiap tahunnya yang biasanya diumumkan pada minggu ketiga bulan Oktober yang kemudian dilanjut pada pemberian hadiah yang berjumlah 50,000 Euro atau sekitar 830 juta Rupiah pada bulan Desember.

Terdapat beberapa orang penting di dunia yang telah menerima penghargaan ini seperti misalnya presiden Nelson Mandela, Malala Yousafzai dan lainnya.

Next: Kemudian untuk tahun ini…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *