Survei: Analisis Big Data dan Pemasaran Digital adalah Pekerjaan Paling Dicari

waktu baca 2 menit
Ilustrasi laptop (Lukas Blazek-Unsplash)/

KUALA LUMPUR-KEMPALAN: Digital Talent Survey menunjukkan, analisis big data dan pemasaran digital adalah kemampuan teknis dunia digital yang paling dicari para pemberi kerja.

Kemampuan lainnya yang dicari oleh para pemberi kerja menurut strategic change management officer (SCMO) of the economic planning unit (EPU) dan social and economic research initiative, termasuk kecerdasan buatan, keamanan dunia maya, dan cloud computing.

Manajer Senior SCMO Adilah Junid ketika menyuguhkan temuan dari penelitian itu secara virtual pada Selasa (17/8) mengatakan, di samping kemampuan teknis, surveinya turut menunjukkan bahwa soft skills seperti berpikir kritis dan analisis, berpikir analitik dan inovatif, kemampuan berbahasa dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris juga dibutuhkan.

Penelitian tersebut dilaksanakan dari 1-9 Juli yang melibatkan 70 responden dari UMKM serta perusahaan besar yang mewakili berbagai sektor termasuk teknologi, keuangan, asuransi juga jaminan kesehatan dan industri jasa profesional untuk mengidentifikasi kebutuhan kemampuan digital bersama tantangannya yang dihadapi oleh sektor privat di Malaysia.

“Rata-rata, hanya 4,8 persen dari responden yang merasa tenaga kerja yang sudah ada di bursa tenaga kerja menemuhi kebutuhan kemampuan digital mereka,” ujarnya seperti yang dikutip Kempalan dari Bernama.

Ia menunjukkan melalui survei itu bahwa dua hal yang menjadi halangan agar kemampuan yang mumpuni itu ada dalam sektor industri ialah jurang kemampuan (skill gaps) dari buruh di bursa tenaga kerja lokal dan ketidakmampuan untuk menarik mereka yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

“Halangannya termasuk skill gaps di antara pemimpin organisasi, kurangnya kelenturan dalam merekrut dan memecat, tidak adanya ketertarikan di antara para pemimpin dan ketidakmampuan untuk mendapatkan izin kerja,” tambahnya. (Bernama, reza hikam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *