Bencana Alam

Banjir Parah di China Tewaskan 12 Orang

  • Whatsapp
Banjir yang menenggelamkan semua akses jalan. (Xinhuanet)

BEIJING-KEMPALAN: Sedikitnya 12 orang tewas dalam banjir parah pada Selasa (20/7) malam di ibu kota provinsi China yang menjebak orang-orang di kereta bawah tanah dan sekolah, menghanyutkan kendaraan dan membuat orang terjebak di tempat kerja mereka semalam.

Kota Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan, dilanda hujan setinggi 20 sentimeter (8 inci) dari pukul 4 hingga 5 sore, kata kantor berita resmi Xinhua, mengutip kantor cuaca Henan.

Melansir dari APNews, derasnya hujan mengubah jalan menjadi sungai yang mengalir deras dan membanjiri stasiun kereta bawah tanah dan mobil. Video yang tersebar di media sosial menunjukkan seluruh lingkungan tertutup air setinggi pinggang dan kendaraan mengambang di lumpur berlumpur.

Banjir di kota Zhengzhou, Henan, China. (Xinhuanet)

Untuk mengatasi itu, Militer China telah meledakkan sebuah bendungan untuk melepaskan air banjir yang mengancam ibu kota Provinsi Henan. Operasi itu terjadi pada Selasa malam di kota Luoyang.

Transportasi dan kehidupan kerja telah terganggu di seluruh provinsi, dengan derasnya hujan mengubah jalan-jalan menjadi sungai yang mengalir deras, menghanyutkan mobil dan rumah-rumah penduduk.

Lebih dari 100.000 orang telah dievakuasi ke tempat yang aman. Provinsi Henan adalah rumah bagi banyak situs budaya dan basis utama untuk industri dan pertanian.

Media pemerintah pada hari Rabu(21/7) menunjukkan bahwa air masih setinggi pinggang, dengan hujan yang masih turun. (APNews, Abdul Manaf)

Berita Terkait