Euro 2020

Italia Menang, Hajar Turki 3-0

  • Whatsapp
Gol kedua Italia yang dicetak Ciro Immobile

ROMA-KEMPALAN: Italia sukses mengawali perjalanan mereka di Euro 2020 dengan baik usai menekuk Turki dengan skor 3-0.

Laga pembukaan Piala Eropa 2020 itu tersaji di Olimpico stadio, Sabtu (12/6) dini hari WIB.

BACA JUGA

Italia tampil dominan dengan 62 persen ball possesion dan membuat 24 attempts dengan delapan di antaranya on goal. Sementara Turki hanya membuat tiga attempts dan tak ada satupun yang on target.

Pada menit awal babak pertama, Italia langsung dengan mengandalkan trio Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, dan Domenico Berardi di lini depan.

Namun, Turki bisa bermain dengan begitu disiplin sehingga sulit untuk menciptakan peluang bersih.

Pada menit ke-17, Italia mengancam lewat tembakan Insigne dari luar kotak penalti, tapi sayang tembakanya tak mengarah ke gawang.

Pada menit ke-22, Italia berhasil mencatatkan peluang on goal pertamanya lewat tandukan Giorgio Chiellini yang meneruskan bola sepak pojok Insigne, sayang Ugurcan Cakir mampu menepisnya.

Tak tinggal diam, Turki balas mengancam di menit ke-35 lewat Ozan Tufan yang berhasil menyambut crossing dari sisi kiri, sayang Gianluigi Donnarumma dengan cepat membuang bola tersebut.

Italia sempat coba mengklaim penalti saat crossing Spizzanola mengenai tangan pemain Turki, namun wasit tak memberikannya.

Tak ada satupun gol tercipta, Skor kacamata 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Italia menajamkan lini serang dengan memasukkan Giovanni Di Lorenzo menggantikan Alessandro Florenzi.

Turki sempat mengancam lewat sekma serangan balik yang diawali Cengiz Under yang masuk menggantikan Yusuf Yazici. Namun, bola tembakannya mudah saja diamankan Donnarumma.

Pada menit ke-51, Italia akhirnya mampu memecah kebuntuan. Berawal dari umpan crossing Berardi yang berhasil mencapai mulut gawang. Merih Demiral, yang coba menghalau bola, malah memasukkan bola ke jala sendiri.

Unggul satu gol membuat Italia makin nyaman menyerang. Sementara Turki makin tak berdaya dan kesulitan membuat peluang emas.

Pada menit ke-66, Italia berhasil menggandakan keunggulan. Gol diawali dari serangan yang dibangun di sisi kanan. Nicolo Barella mengoper bola ke Berardi yang kemudian dilanjutkan dengan crossing ke tiang jauh.

Spinazzola, yang berhasil menerima bola, langsung menembak dengan kaki kiri. Bola sempat ditepis Cakir, tapi dengan cepat disambar Immobile untuk jadi gol kedua Italia.

Pada menit ke-80, Italia kembali menggetarkan jala gawang Turki. Gol diawali kesalahan Cakir dalam membuang bola dan malah jatuh di kaki Berardi.

Berardi lantas mengoper kepada Barella yang kemudian di umpan lagi ke Bryan Cristante. Bryan kemudian mengirim umpan ke Insigne yang melepaskan sepakan ke tiang jauh dan mencetak gol.

Tak ada tambahan gol lagi tercipta, skor 3-0 untuk kemenangan Italia menjadi hasil akhir pertandingan.

Dengan hasil ini Italia langsung naik ke posisi teratas grup A dengan tiga poin sementara Turki turun ke posisi terbawah dengan nol poin. (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait