Euro 2020

Smith: Clarke Berhasil Menyelesaikan Permasalahan Pertahanan Skotlandia

  • Whatsapp
Bek Skotlandia, Andy Robertson dan Kieran Tierney.

SKOTLANDIA-KEMPALAN: Gordon Smith memuji Steve Clarke karena memperbaiki dilema di lini belakang Skotlandia dengan berhasil memadukan Andy Robertson dan Kieran Tierney.

Namun, mantan ketua Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA) itu, khawatir pelatih tim nasional Skotlandia itu memiliki teka-teki lain yang harus dipecahkan terkait cara memaksimalkan pemain muda Billy Gilmour dan Nathan Patterson.

Clarke telah menemukan cara baru untuk memadukan sepasang bek kiri kelas dunia milik Skotlandia, dia memposisikan kapten Robertson ke peran bek sayap dan Tierney ke posisi agak maju. .

Rencana brilian itu telah membungkam mereka yang mengklaim tidak mungkin mengakomodasi kedua bek bintangnya di line-up yang sama.

Namun, Smith menganggap munculnya pemain muda Chelsea Gilmour dan mantan rekan setimnya di akademi Rangers Patterson bisa membuat Clarke harus mencari cara lagi. .

Kedua pemain muda ini kekurangan pengalaman tim utama, namun memiliki banyak potensi, dan ada seruan agar keduanya dimanfaatkan dengan cepat ke dalam susunan pemain untuk pembukaan Euro 2020 saat Skotlandia melawan Republik Ceko di Hampden.

Ini tentu akan menentang naluri bos Skotlandia yang terkenal konservatif itu, tetapi Smith menegaskan sudah waktunya untuk berhati-hati.

Mantan pemain Rangers itu berkata: “Saya sangat bersemangat. Ini akan menjadi turnamen yang fantastis. Kami memiliki grup yang cukup sulit, tetapi berkat pekerjaan yang dilakukan Steve Clarke, saya lebih percaya diri pada tim nasional.”

“Dia telah menyelesaikan permasalahan situasi Robertson-Tierney dengan baik. Anda melihat Tierney tumpang tindih dengan Robertson dari bek tengah,” tambahnya.

“Saya ingat orang-orang mengatakan dia seharusnya hanya memainkan mereka berdua, bahkan jika Tierney pergi ke bek kanan. Anda membutuhkan pemain terbaik Anda di lapangan. Tierney luar biasa. Namun, jika Anda ingin mendapatkan pemain terbaik Anda di luar sana, Gilmour dan Patterson juga harus dipertimbangkan.” tambah mantan ketua Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA) itu.

“Tentu saja, jika Scott McTominay ditarik kembali ke pertahanan, Gilmour akan masuk ke sana. Dia pemain yang luar biasa. Saya pertama kali melihatnya ketika dia berusia sembilan tahun dalam pertandingan pemuda Rangers-Celtic dan dia memberikan pertunjukan,” tambahnya.

“Ketika dia pergi ke Chelsea, saya bertanya-tanya tentang kondisi fisiknya, tetapi dia tampaknya bisa mengatasinya. Sulit bagi Steve Clarke untuk melihat apakah dia bisa memasangkannya di skuad,” kata Smith.

“Steve hanya harus memiliki keyakinan bahwa mereka memiliki kualitas untuk melakukan tugas dengan baik, terlepas dari usia dan pengalaman. Oke, Patterson hampir tidak memiliki pengalaman di timnas, tetapi yang bermain untuk Rangers dan dia luar biasa. Dia punya kualitas untuk mencetak gol di Euro,” tutupnya. (Sky Sports, Edwin Fatahuddin)

Berita Terkait