MotoGP

Oliveira Juara, Quartararo Kena Penalti

  • Whatsapp
Pebalap KTM yang memenangkan MotoGP Catalunya 2021, Miguel Oliveira (VOI)

BARCELONA-KEMPALAN: Penampilan mengejutkan Miguel Oliveira di Circuit de Barcelona membuatnya memenangkan MotoGP Catalunya 2021 pada Minggu (6/6) usai mengungguli Johann Zarco dan Jack Miller di posisi kedua dan ketiga. Balapan diwarnai dengan crash dan penalti.

Jack Miller yang tampil impresif di babak kualifikasi sempat memimpin balapan selama satu lap dan kemudiam disalip oleh Miguel Oliveira di lap kedua.

Sang juara bertahan MotoGP, Joan Mir juga sempat ikut mewarnai keseruan GP Catalunya saat dia sudah berada di posisi keempat di lap kedua. Pebalap asal Spanyol itu kemudian melakukan overtake atas Quartararo dan berhasil mencapai posisi ketiga.

Oliveira yang tangguh di posisi pertama kemudian mulai menjauh 0,8 detik ketika Miller, Aleix, dan Mir saling memperebutkan posisi kedua di lap kelima. Di lap keenam, Quartararo yang sempat melakukan kesalahan kemudian dengan cepat menyalip pembalap di depannya dan merebut posisi kedua.

Marc Marquez yang sedang dalam masa comeback mengalami nasib naas usai mengalami crash di tikungan 10 lap kedelapan. Pebalap Repsol Honda itu sempat bersaing di posisi lima besar.

Quartararo yang minggu lalu memenangkan MotoGP Italia, berjuang keras untuk mendapatkan kemenangan back to backnya di Barcelona dengan mendekati Oliveira dan menyalipnya di lap 12. Dua lap berselang, Oliveira kembali memimoin balapan.

Valentimo Rossi yang sempat terjatuh di babak kualifikasi kembali mengalami nasib yang naas. The Doctor terpaksa meengakhiri balapan lebih cepat usai mengalami crash di lap 17.

Johann Zarco secara perlahan namun pasti mulai memberi tekanan di garis depanenjelang balapan berakhir. Pebalap Pramac Ducati itu mampu mendahului El Diablo yang tampak mengalami masalah pada kostum balapnya

Zarco yang tampil impresif di late game memberi ancaman kepada Oliveira, namun posisi tidak berubah sampai akhir balapan dan Oliveira keluar sebagai pemenang.

Quartararo memang melewati garis finis di posisi ketifa namun pebalap Prancis itu terkena penalti tiga detik karena melakukan shortcut. Miller yang di posisi keempat neik podium.

Hasil ini membuat Johann Zarco mengoleksi 101 poin di posisi kedua klasemen sementara Juara Dunia MotoGP menempel Quartararo dengan selisih 17 poin. Jac Miller, Francesco Bagnaia, dan Joan Mir melengkapi lima besar.

Seri MotoGP selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Sachenring, Jerman tanggal 20 Juni 2021. (Belva Dzaky Aulia)

Berita Terkait