Berita Duka

Mochtar Kusumaatmadja, Menlu Era Suharto Wafat

  • Whatsapp
Ucapan belasungkawa Kantor Staf Presiden atas wafatnya Mochtar Kusumaatmadja.

JAKARTA-KEMPALAN: Mochtar Kusumaatmadja, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada masa Presiden Suharto wafat pada Minggu (6/6) yang dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri RI.

Teuku Faizasyah, juru bicara Kementerian Luar Negeri membenarkan berita duka itu yang mana keluarga yang bersangkutan mengabarkan berita duka pada pagi ini. Pemakaman akan difasilitasi oleh Kemlu RI.

Berita ini juga dikonfirmasi oleh Kantor Staf Presiden Republik Indonesia melalui cuitan Twitternya yang turut memberi tahu sejumlah jabatan yang pernah dipegang oleh mendiang.

Menurut akun Twitter Kantor Staf Presiden RI, Mochtar Kusumaatmadja adalah Guru Besar Hukum Universitas Padjajaran yang pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II, Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III & IV.

Mochtar yang lahir di Jakarta pada 17 Februari 1929 wafat diumur 92 tahun. Ia merupakan lulusan Fakultas Hukum, Universitas Indonesia yang fokus ke hukum internasional. Selanjutnya ia mendapat gelar LLM dari Yale Law School, Amerika Serikat.

Ia mengawali karir sebagai dosen di Universitas Padjajaran pada tahun 1959 dan meraih gelar doktor dari universitas tersebut dan diangkat menjadi rektor universitas itu pada 1972.

Konsep Negara Kepulauan dalam Konvensi Hukum Laut tahun 1982 adalah salah satu prestasi Mochtar selama berkecimpung sebagai Menteri Luar Negeri.

Usai rehat dari kehidupan birokrasi, sang mantan menteri itu selama dua tahun menjadi anggota komisi hukum internasional PBB. (reza hikam)

Berita Terkait