Lelang

Dijual! Dari Catatan Isaac Newton sampai Lukisan Darwis Alawiyah

  • Whatsapp
Manuskrip Isaac Newton.

KEMPALAN: Halaman yang berisi revisi tertulis Isaac Newton untuk karya besarnya, “Principia,” diperkirakan akan terjual bulan depan dengan harga antara 600.000 pound dan 900.000 pound ($850.000 dan $1,3 juta), kata juru lelang Christie pada Selasa (1/6).

Diterbitkan pada tahun 1687, “Philosophiae naturalis principia Mathematica” karya Newton, “Prinsip Matematika Filsafat Alam”, menetapkan hukum gravitasi dan gerak dan dianggap sebagai aliran ilmiah. Edisi pertama buku tersebut dijual di lelang seharga $3,7 juta pada tahun 2016.

Satu setengah halaman catatan untuk edisi kedua yang direncanakan mencakup komentar dan diagram oleh ahli matematika dan astronom Skotlandia David Gregory. Kedua ilmuwan bertemu dan berkorespondensi sementara Newton bekerja untuk merevisi “Principia” pada tahun 1690-an.

Thomas Venning, kepala buku dan manuskrip di Christie’s di London, mengatakan buku itu “menciptakan kembali pemahaman kita tentang alam semesta.” Venning mengatakan, ketika dia sedang mengerjakan revisi, Newton “berdesis dengan energi dari salah satu pemikir terbesar yang pernah ada di dunia.”

“Apa yang dicari oleh seorang kolektor di dunia tanda tangan adalah para pemikir terhebat dalam sejarah, berbicara tentang pencapaian terbesar mereka,” kata Venning seperti yang dikutip Kempalan dari Hurriyet Daily News.

Keith Moore, kepala pustakawan di Royal Society, klub ilmuwan tempat Newton menjadi presidennya pada abad ke-18, mengatakan Gregory “terus melakukan dialog tertulis dengan Newton. Dia bertemu Newton dan kemitraan itu, hampir, di antara mereka berdua, menghasilkan dalam menyempurnakan pemikiran Newton.”

Lukisan sang Darwis Alawiyah.

Sementara itu, lukisan tahun 1651 dari Haji Bektash Veli, seorang tokoh agama Alawiyah terkemuka yang tinggal dan mengajar di Anatolia dari tahun 1209 hingga 1271, akan dilelang pada tanggal 8 Juni oleh Rumah Lelang Seni Oriental di kota Hattem, Belanda.

Berukuran 22 x 17 sentimeter dan diyakini sebagai lukisan ikon Muslim tertua yang ada, potret itu juga mencakup penggambaran Sar Saltuk, seorang darwis Alawiyah abad ke-13 yang dihormati sebagai orang suci oleh Bektashi di Balkan.

Lukisan itu diperkirakan akan terjual dengan perkiraan harga antara 20.000 dan 30.000 euro, menurut Khalid Alneis, pemilik dan direktur pelaksana rumah lelang. Selain potret itu, sebuah jam dunia perak, ceruk, dan ukiran Utsmaniyah berukir tanda tangan Sultan Abdulhamid dari abad ke-19 juga akan dilelang pada hari yang sama. (Hurriyet Daily News, reza hikam)

Berita Terkait