Timnas Harus Waspada, Ini Profile Pelatih Baru Filipina

waktu baca 2 menit
Pelatih Baru Filipina, Tom Saintfiet (*)

KEMPALAN: Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda harus waspada karena Filipina punya pelatih baru dengan segudang pengalaman bernama Tom Saintfiet.

Laga melawan Filipina rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 11 Juni 2024. Ini akan menjadi pertemuan kedua bagi Timnas Indonesia dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada pertemuan pertama yang digelar di kandang filipina, Stadion Rizal Memorial pada November lalu, Timnas Indonesia hanya mampu meraih hasil seri dengan skor 1-1. Saat itu satu-satunya gol Timnas Indonesia dicetak oleh Saddil Ramdani.

Pada laga tersebut, Timnas filipina masih dilatih oleh juru taktik asal Jerman, Michael Weiss. Namun, kini Timnas Filipina sudah memiliki pelatih baru sejak Februari 2024. Pelah tersebut bernama Tom Saintfiet.

Tom Saintfiet merupakan pelatih asal Belgia. Ia lahir pada tahun 1973 dan saat ini berusia 51 tahun. Tom Saintfiet  bukanlah sosok sembarangan. ia memiliki pengalaman yang luar biasa di dunia kepelatihan.

Tom Saintfiet memiliki banyak pengalaman melatih Timnas di berbagai negara. Ia pernah menjadi pelatih Timnas di negara Namibia, Zimbabwe, Ethiopia, Togo, Malawi, dan Gambia. Sebelum menjadi pelatih Filipina, Saintfiet menukangi Timnas Gambia.

Tom Saintfiet diharapkan kembali bisa mengangkat prestasi Timnas Filipina. Belakangan ranking FIFA Filipina memang terus menurun, mereka juga hanya menempati posisi keempat alias juru kunci di Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan koleksi satu poin dari empat laga.

Peluang Timnas Filipina untuk melaju ke fase ketiga sebenarnya masih ada. Namun, peluang itu bisa dikatakan sangat tipis. Oleh karena itu, Timnas Filipina perlu meraih kemenangan telak pada dua laga sisa di fase kedua. Sembari berharap Vietnam dan Timnas Indonesia terus terpeleset.

(*) Edwin Fatahuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *